Market Share: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya

Market Share : Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya – Artikel Tech Team kali ini akan membahas tentang pengertian dari market share, jenis, contoh, hingga cara menghitungnya untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan Kamu. Yuk simak baik-baik

Market Share

Market share adalah faktor yang sangat penting bagi perusahaan, terutama di era pasar ekonomi modern dimana pasar digital yang mulai mengandalkan teknologi canggih untuk melakukan akuisisi pasar.
Menurut Undang-undang No. 5 Tahun 1999, market share (pangsa pasar) adalah persentase nilai jual atau beli barang atau jasa tertentu yang dikuasai oleh pelaku usaha pada pasar bersangkutan dalam tahun kalender tertentu.
Market share merupakan bagian penting perusahaan untuk mengetahui data permintaan. Data ini menunjukkan seluruh segmen pasar yang terbagi ke dalam golongan tertentu, mulai dari gender, kelas ekonomi, dan sebagainya.
Fungsi utama dari market share adalah untuk mengukur skala perusahaan jika dibandingkan dengan pasar dan kompetitor. Semakin besar market share, semakin perusahaan tersebut dapat menjadi pemimpin dalam industri tersebut.
Market share juga berfungsi sebagai tolok ukur keberhasilan sebuah perusahaan. Perusahaan dapat dikatakan berhasil berkembang jika dapat meningkatkan persentase market share.

Contoh Market Share

Market Share Absolute
Absolut market share adalah market share yang dihitung dari total penjualan suatu perusahaan dibagi dengan total penjualan keseluruhan industri di daerah dan periode tertentu.
Contoh, Toko fashion A menjual baju rata-rata 15 buah dalam sebulan, sedangkan toko fashion B di kota dan periode yang sama menjual baju total penjualan bajunya mencapai 100 buah. Maka dapat disimpulkan bahwa, market share dari toko fashion tersebut adalah 15%.

Market Share Relatif
Market share relatif tidak melihat total penjualan dalam suatu industri yang sama sebagai acuan, melainkan lebih melihat total penjualan para pesaingnya.

Cara Menghitung Market Share

Penghitungan market share biasanya dilakukan dalam lingkup wilayah tertentu, misalnya negara atau kota. Selain itu, kamu juga perlu menentukan periode penjualan, misalnya per kuartal atau tahun.
Lalu, hitung total penjualan perusahaan selama periode yang sudah ditentukan, bagi dengan total penjualan di industri yang sama. Data penjualan di suatu industri biasanya diperoleh dari badan dan atau kelompok yang mengatur perdagangan.

Rumus Market Share

Contoh, Perusahaan fashion A berhasil mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 20.000.000,00 selama periode Q1 di tahun 2022. Di periode yang sama total pendapatan industry tersebut mencapai Rp. 500.000.000,00.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa market share perusahaan fashion A mencapai 4% pada kuartal tersebut.

Cukup sekian pembahasan mengenai market share. Semoga bermanfaat buat Techteamers!!! Baca artikel lainnya di www.techteam.id, serta jangan ragu untul kosnulstasi gratis kebutuhan bisnis kamu bersama Tech Team Indonesia, melalui www.techteam.id yang melayani selama 24 jam dan langsung ditangani oleh ahlinya. Atau kamu bisa dm langsung ke instagram kami di @techteam_indonesia