EN || ID

Pengaruh dan Kelebihan Domain ID Bagi Website Indonesia

Domain ID

Pengaruh dan Kelebihan Domain ID Bagi Website Indonesia

Artikel kali ini akan membahas tentang pengaruh dan kelebihan domain ID bagi website Indonesia. Domain sendiri memiliki pengertian yaitu sebuah alamat atau nama unik yang tertuju untuk website kita.

Website menjadi faktor penting dalam keberhasilan bisnis online karena memiliki banyak manfaat. Dalam website, kita harus mempertimbangkan berbagai hal mulai dari nama, desain, harga, domain, registrasi, dan lainnya.

Kira-kira apa aja sih pengaruh dan kelebihan domain ID bagi Website Indonesia. Yuk disimak baik-baik!!!

Apa itu Domain ID?

Domain merupakan sebuah alamat atau nama unik yang tertuju kepada website yang telah kita buat. Nama domain itu sendiri dapat diketik pada web browser dan akan memunculkan tampilan dari website kita.

Disetiap negara memiliki kode domain yang berbeda-beda. Di Indonesia domain yang paling sering digunakan adalah domain ID. Domain ID adalah bagian dari tipe ekstensi domain ccTLD (Country Code Top Level Domain) khusus negara Indonesia.

Ekstensi domain ID memiliki banyak jenisnya dan semua jenis ekstensi domain ID dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Domain ini lebih aman digunakan karena dikhususkan untuk website di Indonesia sehingga pemerintah juga dapat turun tangan apabila terjadi kejahatan atau penipuan.

Pengaruh Dan Kelebihan Domain ID

Menambah Kepercayaan Terhadap Pengunjung Website

Website dengan ekstensi domain ID nampak lebih terpercaya. Mengingat, proses pembuatannya yang membutuhkan identitas resmi seperti bukti KTP atau dokumen penting lainnya.

Banyak website-website yang aneh dan tidak jelas yang menggunakan gTLD. Berbeda saat website menggunakan domain ID yang menggunakan kode negara Indonesia sebagai eksistensi domainnya.

Bersifat Lebih Eksklusif

Hal ini karena beberapa tipe domain ID membutuhkan dokumen yang digunakan sebagai legalitas hokum website. Oleh karena itu, dalam proses aktivasinya pun akan berbeda dengan eksistensi domain yang lain.

Peringkat Pertama Pada Hasil Pencarian Search Engine

Memperoleh ranking tinggi di mesin pencari tentu menjadi tujuan utama bagi setiap pemilik website. Domain ID bersifat spesifik dibandingkan dengan gTLD, maka search engine akan lebih mudah membaca website yang menggunakan domain ID dibandingkan gTLD.

Seperti yang Kamu tahu bahwa gTLD merupakan domain yang bersifat generic atau general yang banyak digunakan sebagai eksistensi domain. Sedangkan domain ID hanya digunakan pada website yang berlokasikan di Indonesia.

Tidak Mudah Terjadi Plagiarisme Atau Penipuan

Website dengan ekstensi domain .ID tidak perlu mengkhawatirkan tindak plagiarisme. Hal ini dikarenakan ekstensi domain ini memiliki syarat dan ketentuan cukup rumit untuk dipenuhi pelaku penipuan. Dengan memiliki domain ini seperti punya hak kepemilikan sendiri.

Proses Menggunakan Website Cepat

Saat seseorang mengunjungi website dengan ekstensi domain .ID, website tidak akan mengalami freeze atau lag karena antara server dan pengunjung berada pada lokasi yang dekat satu sama lain.

Gimana? Banyak kan kelebihan yang dimiliki ekstensi domain ID? Selain semua kelebihan itu, memakai domain ID juga menunjukkan brand dari Indonesia.

Jika masih bingung dalam menentukan nama domain yang ideal untuk bisnis, Anda bisa berkonsultasi langsung di techteam.id.

Kategori :
Share:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor