EN || ID

Pentingnya Literasi Digital Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Pentingnya Literasi Digital Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Saat ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat. Akses untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi bisa didapatkan secara cepat dan mudah. Salah satunya yaitu penggunaan internet yang sudah menjadi teman setia kita dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Dengan mudahnya akses ini memberikan kesempatan kepada kita untuk mendapatkan informasi dengan sangat mudah hanya dengan satu sentuhan saja. Namun kita juga harus membekali diri supaya lebih kritis dalam menerima informasi yang didapat, karena tidak semua informasi itu bisa dibuktikan kebenarannya.

Makanya, literasi digital sangat diperlukan sebagai acuan agar lebih terarah dalam penggunaan teknologi yang semakin berkembang. Dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital berkaitan dengan kemampuan penggunanya, di mana di dalamnya terdapat suatu kemampuan untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif.

Techteamers, artikel kali ini kita akan membahas pentingnya literasi digital untuk pelajar dan mahasiswa. Baca dengan cermat yaa…

Apa itu Literasi Digital?

Dikutip dari Seri Buku Literasi Digital Kerangka Literasi Digital Indonesia, literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengkomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Menurut KBBI literasi digital diartikan sebagai kemampuan untuk mengerti informasi tentang komputer. Pada zaman sekarang ini kita dituntut agar bisa mengikuti perkembangan zaman yang serba cepat dan canggih ini tanpa mengenal usia.

Alasan Pentingnya Literasi Digital Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Penggunaan media digital di masa sekarang sangat mudah dirasakan pada semua lapisan masyarakat tidak terkecuali bagi pelajar dan mahasiswa. Pelajar dan mahasiswa menjadi komponen penting yang harus memiliki kemampuan untuk mengolah setiap informasi yang mereka dapatkan.

Literasi digital akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif. Sehingga, mereka tidak akan mudah tertipu yang berbasis digital seperti menjadi korban informasi hoaks.

Manfaat Literasi Digital Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Menghemat waktu

Sebagai pelajar dan mahasiswa pasti akan banyak mendapatkan tugas dari sekolah ataun kampus, melalui ini pelajar dan smahasiswa akan mencari informasi maupun referensi yang dijadikan acuan sebagai bahan ajar mereka dalam memahami dan menyelesaikan tugas mereka.

Menjadi lebih aman

Dengan adanya situs, website hingga aplikasi yang bisa kita dapatkan melalui internet, seseorang dapat mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan untuk mengantisipasi apabila akan mengunjungi ataupun melewati daerah tersebut.

Mengambil keputusan yang lebih baik

Literasi digital menjadikan seorang pelajar dan mahasiswa bisa membuat keputusan yang lebih bijak karena bisa menggunakan internet untuk membadingkan dan mempelajari informasi yang mereka pandang bisa membantu menyelesaikan masalah mereka.

Media untuk hiburan ketika jenuh

Mahasiswa maupun pelajar sangat membutuhkan hiburan untuk melepas penat mereka setelah melewati hari panjang untuk belajar, oleh karena itu di internet banyak sekali konten yang menyajikan video yang menghibur sehingga membantu mengurangi penat.

Mempengaruhi orang lain

Dengan adanya internet membuat mahasiswa dan pelajar bebas berekspresi dalam bentuk tulisan, foto hingga video yang bisa disebarluaskan dengan sangat mudah dan cepat. Dengan cara ini mahasiswa dapat mengajak ataupun mempengaruhi orang lain agar mengikuti apa yang mereka sajikan.

Techteamers, mari kita sama-sama belajar literasi digital supaya tidak termakan berita hoax…!

Jasa Layanan Website dan Aplikasi PT. Tech Team Indonesia

Jasa Pembuatan Website Murah Profesional | Tech Team

Share:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor