Psikologi Dibalik Orang Share Postingan Post Kamu!

Psikologi Dibalik Orang Share Postingan Post Kamu! – Sebuah studi yang dilakukan oleh New York Times Customer Insights Group menemukan ada lima alasan motivasi di balik mengapa orang berbagi konten secara online.

Pada artikel ini, kamu akan belajar dan mengetahui tentang lima alasan motivasi yang menginspirasi orang untuk berbagi konten di media sosial. Dimana penelitian ini dapat membantu menginformasikan konten dan strategi pemasaran kamu.

Berikut adalah lima motivasi mengapa orang membagikan konten kamu, yuk kita simak dari awal hingga akhir!

1. We Share Because We Care

Banyak orang senang berbagi konten yang menceritakan masalah terkini yang mereka pedulikan.

Maka kamu bisa memulai dengan memikirkan hal-hal tentang informasi atau masalah yang sedang happening dan relate dengan audiens seperti permasalahan pada undang-undang legislatif, atau masalah sosial dan masalah lingkungan yang terjadi.

Saat ini orang-orang mulai mendukung sebuah brand dengan melakukan sebuah gerakan sosial, hal itu akan memotivasi mereka untuk menyebarkan kecintaan atau penghargaan mereka terhadap brand atau gerakan sosial ini secara online.

Beberapa trik yang bisa kamu lakukan:

  1. Kamu bisa mencoba dengan bercerita dengan teknik story-telling yang efektif, bisa menggunakan video berkonsep maupun gambar yang menarik dan singkat yang bertujuan untuk dapat dipahami oleh orang dengan cepat.
  2. Kamu bisa masukkan sebuah kisah sukses atau pengalaman dari pelanggan setelah menggunakan barang, jasa atau layanan kamu. Gugah perasaan audiens untuk merasa simpati dan tertarik dengan cerita kamu.
  3. Ajaklah mereka untuk membagikan konten kamu dengan Call to Action.

2. Keep in Touch!

Orang-orang senang berbagi informasi secara online jika hal itu membantu seseorang dapat memupuk hubungan (keep in touch) mereka dengan orang lain. Berbagi informasi secara online membantu orang tetap terhubung dan membangun koneksi. Itu sebabnya orang senang berbagi konten secara online.

Ketika orang berbagi informasi secara online, itu membantu mereka tetap terhubung dengan orang yang mungkin tidak mereka hubungi lagi atau orang yang pernah lost secara kontak.

Membuat konten yang bertujuan untuk membantu audiens tumbuh bersama orang lain yang memiliki minat yang sama, hal itu malah dapat membantu mereka membangun rasa persahabatan ketika mereka terlibat dalam percakapan online tentang konten yang kamu buat.

Kiat Strategi: Bagaimana kamu dapat membantu membuat pemirsa merasa menjadi bagian dari sesuatu? Kamu bisa membuat meme, karena dasarnya meme adalah sebuah konten lelucon yang relateable dengan seseorang yang membaca atau membagikannya.

Membangun dan memelihara komunitas secara online membutuhkan waktu, tetapi sangat bermanfaat. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Kamu dapat mempertimbangkan untuk membuat tagar yang sama seperti yang dibuat oleh para pengguna. Atau kamu membuat hastag yang khusus untuk pengguna saja.
  2. Kamu dapat mempertimbangkan untuk membuat Grup Facebook atau Komunitas para konsumen atau pelanggan kamu. Kamu bisa membagikan promosi, diskon khusus bagi para anggota yang ada di sana. Atau kamu bisa membagikan seputar informasi yang bermanfaat dengan hanya subscribe atau menjadi pengguna dan konsumen.
  3. Kamu bisa memupuk hubungan dengan orang atau konsumen kamu dengan sebuah acara khusus pengguna atau buletin khusus untuk konsumen. Atau kamu bisa membagikan gratis pengguna bagi konsumen yang sudah menyewa atau membeli selama 10 kali berturut-turut.

3. To Be a Part of Solution

Orang senang untuk berbagi konten yang bermanfaat dan dapat membantu orang. Konsumen merasa termotivasi untuk berbagi konten karena senang menerima umpan balik dari sekitarnya dan komentar positif tentang informasi berguna yang konsumen bagikan.

Motivasi ini dilakukan oleh sebagian besar orang, dengan alasan pemenuhan diri dan membantu mereka untuk merasa terlibat dengan memberikan solusi kepada orang lain. Sehingga jangan sungkan untuk membuat konten yang bermanfaat atau menonjolkan kegunaan atau manfaat pada produk kamu kepada audiens.

  1. Kamu bisa membuat podcast, video, postingan blog, atau grafik tentang tutorial atau infografis.
  2. Membuat konten yang berharga yang bersifat mendidik, menghibur (atau infotainment), menyelesaikan masalah, menginspirasi, atau dapat ditindaklanjuti.
  3. Masukkan konten yang dapat dibagikan ke dalam strategi konten.

4. Define Themself

Orang-orang suka berbagi konten untuk memberi tahu kepada orang-orang tentang siapa mereka. Dengan melakukan share konten, hal ini dapat membantu orang memproyeksikan ingin dianggap sebagai orang “apa”, di pandangan orang lain, mungkin ingin terlihat baik, pintar, bijaksana, atau menarik.

Kamu bisa bantu orang lain mendefinisikan diri mereka secara online. Bisa dengan konten yang memproyeksikan kepribadian tertentu? Misalnya, kebanyakan orang mungkin akan mengasosiasikan produk Apple dengan pengetahuan teknologi dan modern. Atau kamu bisa menggunakan teknik quiz game kepribadian.

  1. Apakah merek atau produk kamu memiliki suatu hal kepribadian yang mencerminkan penggunanya?
  2. Atau apakah informasi yang dibagikan akan digambarkan menarik atau baik?
  3. Bantu orang lain mendefinisikan diri mereka secara online dengan informasi yang kamu buat.

5. We Share Because It’s Valuable and Entertaining

Tahukah kamu, ternyata saat orang membagikan konten, mereka termotivasi karena membawa nilai dan memberi tahu mereka informasi yang dapat menghibur dan bermanfaat. Kamu bisa membuat konten yang berharga bisa bersifat mendidik, menghibur (atau infotainment), menyelesaikan masalah, menginspirasi, atau dapat ditindaklanjuti.

Nah kabar baiknya bagi kamu saat ini, Tech Team Indonesia bisa bantu kamu dalam mengatur dan mengelola sosial media dengan jasa kelola sosial media. Kita bisa jadi sahabat yang denger semua keluhan kamu dengan konsultasi GRATIS.