3 Cara Mudah Atur Ide Konten! – Membuat konten setiap hari sangatlah dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sebuah blog atau sebuah media sosial. Konten ini bisa dalam bentuk tulisan hingga video, foto atau karya lainnya. Namun apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam mengeksekusi ide yang ada?
Tenang kamu tidak sendirian, saat ini kamu sudah ada di posisi dan waktu yang tepat untuk membaca artikel ini. Pada dasarnya, sebuah ide yang bagus adalah ide yang terealisasi dengan baik. Cobalah konsisten dalam membuat kalender editorial agar ide-ide segudang kamu tidak terbengkalai begitu saja!
Ikuti langkah-langkah ini dan eksekusi ide kamu secara cepat dan terealisasi!
LANGKAH 1: TANGKAPLAH IDE DENGAN MUDAH!
Pernah tidak saat kamu sedang ada di kamar mandi atau WC, tiba-tiba saja ada ide tentang konten masuk dan lewat dalam pikiran kamu? Wah itu, harus cepat-cepat dieksekusi ya supaya tidak lupa!
Ketika saat sebuah ide muncul di benak, cobalah kamu rekam atau catat di secarik kertas. Bila tidak ada, kamu bisa menggunakan notes ponsel kamu. Notes ponsel kini telah canggih karena dapat menyimpan foto, artikel, dokumen, bahkan dapat merekam memo suara sendiri.
Cobalah untuk membuat folder untuk menyimpan ide dan inspirasi untuk konten. Jika bisa buatlah kategori berdasarkan warna atau label pada note ponsel. Hal ini akan memudahkan kita dalam mencari dokumen.
LANGKAH 2: UBAHLAH IDE MENJADI TUGAS YANG DAPAT DITINDAKLANJUTI!
Setelah melakukan tindakan pertama pada ide konten yaitu dengan mecatatat dan menyimpannya dengan baik, kini saatnya kamu untuk membuat ide tersebut menjadi sebuah tugas yang dapat dieksekusi lebih lanjut.
Saat siap mengubah ide dan membuat sesuatu yang nyata, beralihlah ke alat manajemen kalender editorial atau kalender konten seperti Asana, Trello, Notion, dan tools lainnya. Misalnya dengan menggunakan tool Asana yang memungkinkan kamu untuk melihat tugas dalam tampilan daftar, papan, atau kalender.
Salah satu dari banyak manfaat menggunakan Asana adalah dapat membuat tugas mini untuk diri sendiri dalam sebuah proyek yang memungkinkan untuk mencentangnya saat telah membuat sesuatu atau telah mengerjakan sebuah tugas.
Salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan proyek atau tujuan apa pun adalah mengubahnya menjadi langkah-langkah kecil yang dapat ditindaklanjuti. Asana membantu dalam hal ini dan memberi banyak cara untuk tetap teratur.
Tips pada eksekusi konten adalah tetaplah berpaku pada JADWAL secara TEPAT WAKTU.
LANGKAH 3: PEMBUATAN KONTEN DAN MENGATUR FILE
Dalam pembuatan konten ternyata tidak semudah kelihatannya, tetapi jangan risau dan sedih karena pada jaman serba canggih seperti ini, akan ada kemudahan seperti tool yang diciptakan untuk manusia agar hidup lebih efektif dan efisien.
Misalnya kamu bisa menggunakan Google Drive untuk menulis postingan blog, teks Instagram, atau skrip video, mengelola dan membuat organisasi file “final” di dalam Google Drive. Buatlah folder yang rapi dan tertata agar setiap hal yang kamu lakukan dapat tersimpan dengan baik.
Di dalam Google Drive, kamu juga bisa menyimpan file PDF final, video, atau aset promosi. Setelah pembuatan konten selesai, kamu bisa menyimpan versi final konten di folder di dalam Google Drive, jadi bisa tahu di mana versi final berada.