6 Langkah Menyewa Freelancer Content Writer Agar Tidak Rugi!

6 Langkah Menyewa Freelancer Content Writer Agar Tidak Rugi!

Kategori :

Artikel

6 Langkah Menyewa Freelancer Content Writer Agar Tidak Rugi!

Kategori :

Artikel

6 Langkah Menyewa Freelancer Content Writer Agar Tidak Rugi! - Pembuatan konten dapat menjadi bantuan yang besar untuk bisnis, sehingga jika bisnis kamu membutuhkan tenaga konten untuk sehari atau beberapa hari saja, maka kamu bisa memanfaatkan freelancer. Saat mempekerjakan freelancer, bisnis kamu akan mendapatkan beberapa manfaat darinya.

Content Writer adalah salah satu profesi yang digandrungi oleh para penulis konten di luar sana. Menjadi freelancer Content Writer bisa menjadi solusi bagi kamu yang senang menulis konten, dan kamu para pebisnis yang membutuhkan konten dalam bentuk tulisan maupun artikel populer hingga ilmiah untuk menunjang konten bisnis kamu.

Dengan menggunakan freelancer penulis, bisnis kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan dan manfaat, yaitu:

  1. Pertama, kamu akan membebaskan karyawan yang dimiliki untuk fokus pada tugas lain.
  2. Kedua, kamu mendapatkan konten berkualitas tinggi dari para ahli maupun profesional yang tahu cara menulis dan cara melibatkan audiens dengan tulisannya, dan meningkatkan SEO pada konten kamu.
  3. Terakhir, kamu dapat menghemat uang dengan tidak harus mempekerjakan staf penuh waktu atau membayar tunjangan untuk pembuat konten internal.

Penulis yang pastinya akan kamu pekerjakan, akan mewakili brand perusahaan kamu, maka menjadi sebuah hal yang penting untuk menemukan orang yang cocok dengan budaya perusahaan kamu dan mengenal industri kamu dengan baik.

Sehingga, kami menyarankan agar kamu menggunakan tenaga freelancer dengan kapasitas pengetahuan dan pengalaman umum yang luas, agar bisa membantu kamu dalam mencapai tujuan pemasaran konten.

Cara Memilih Freelancer Content Writer Biar Tidak Rugi!

1. Tetapkan Tujuan Kamu Memakai Jasa Freelancer

Tetapkan tujuan sebelum menentukan pegawai dari perusahaan penyedia jasa (outsourcing) atau freelancer. Kamu bisa memulai dengan menguraikan pertanyaan apa yang menjadi kebutuhan bisnis kamu, seperti:

  1. Jenis konten apa yang bisnis kamu butuhkan (postingan blog, buku putih, ebook)?
  2. Pengetahuan atau pengalaman khusus apa yang kamu butuhkan dari para penulis?
  3. Siapa target pasar kamu?
  4. Apa yang diutarakan dalam bisnis kamu?
  5. Seberapa sering kamu membutuhkan konten yang diinginkan untuk pemasaran?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, hopefully dapat memberikan pengertian yang lebih baik tentang jenis bakat yang seperti mana dan apa, yang harus cari saat mempekerjakan jasa freelancer content writer.

2. Identifikasi Anggaran Anda

Langkah selanjutnya adalah, kamu perlu menentukan seberapa banyak biaya yang ingin dikeluarkan untuk pembuatan konten.

Harga bisa menentukan hasil akhir yang diinginkan, jika penulis mematok harga yang rendah, mungkin mereka tidak memiliki keterampilan dalam membuat konten yang menarik dan tidak mempertimbangkan sisi SEO-nya. Hal ini cukup penting, karena bisa mempengaruhi traffic konten mu.

Hati-hati bila memilih seorang freelancer content writer.

Jangan hanya tertarik pada harga yang rendah, namun konten yang ditulis memiliki kualitas yang buruk atau bisa dapat merusak reputasi brand bisnis kamu. Sehingga pilihlah yang berkualitas baik, memiliki pengalaman di bidangnya, dan memiliki kemampuan untuk cepat belajar.

Jika kamu memiliki anggaran yang cukup tinggi, kamu mungkin akan memilih penulis dengan kualitas tinggi, daripada mengorbankan kualitas.

3. Jelaskan Pedoman Kerja dengan Kamu

Kamu harus membuat pedoman yang menjelaskan ekspektasi perusahaan terhadap kualitas, nada, dan gaya pada konten tulisan yang dihasilkan. Selain itu, Kamu juga harus memiliki alur kerja, seperti dimulai dari menugaskan pekerjaan, menjelaskan konten yang diinginkan, memberikan umpan balik, dan membuat rencana revisi.

Kamu bisa menggunakan aplikasi dalam mengatur tim freelancer content writer kamu sendiri. Seperti menggunakan Trello, Asana dan Notion.

Setelah itu, kamu perlu mempertimbangkan beberapa di bawah ini, seperti:

  1. Siapa yang akan mengembangkan strategi kata kunci?
  2. Bagaimana menjelaskan tujuan SEO kepada para penulis?
  3. Siapa yang akan bertanggung jawab untuk menetapkan topik dan deadline?
  4. Bagaimana caranya memberikan umpan balik?
  5. Sistem apa yang digunakan untuk revisi?
  6. Berapa lama waktu yang dibutuhkan penulis untuk membuat karya? Berapa lama waktu yang dimakan untuk mengirimkan revisi?
  7. Bagaimana caranya membayar para penulis?

4. Mulailah Merekrut Freelancer!

Ketika tujuan dan pedoman kamu sudah siap, mari mencari penulis lepas untuk pertama kalinya! Ada beberapa cara berbeda untuk menemukan freelancer berbakat.

Salah satu opsinya adalah memposting lowongan pekerjaan freelancer di platform freelancer seperti Upwork, Fiverr, atau Freelancer. Atau upload lowongan freelancer pada media sosial seperti Twitter atau LinkedIn.

Tech Team Indonesia adalah perusahaan yang menyediakan layanan jasa kelola sosial media. Bagi kamu yang kebingungan dalam mengelola sosial media usaha kamu, maka serahkanlah kepada ahlinya, Tech Team Indonesia!

Namun, bila kamu memutuskan untuk mempekerjakan freelancer individual, pastikan untuk memeriksa setiap kandidat secara menyeluruh. Tinjau pekerjaan mereka sebelumnya, periksa tata bahasanya, verifikasi pengetahuan dirinya akan SEO, dan pastikan gaya penulisan mereka cocok untuk brand kamu.

Kembangkan checklist untuk mengevaluasi calon penulis freelancer. Berikut beberapa item bisa disertakan:

  1. Lamanya Pengalaman.
  2. Pelatihan/pengetahuan SEO.
  3. Telah memiliki klien yang serupa.
  4. Pengetahuan/pengalaman industri.
  5. Nilai per kata.
  6. Waktu penyelesaian.
  7. Testimonial/referensi.

5. Kelola Tim Freelancer Kamu

Setelah kamu memeriksa dan mempekerjakan penulis yang dibutuhkan, saatnya untuk mulai mengelola tim kamu sendiri! Baik bekerja dengan agensi atau pekerja lepas individu, penting untuk memperjelas ekspektasi perusahaan terhadap kualitas, nada, dan gaya pada tulisan sebuah konten.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, kamu memerlukan pedoman dan alur kerja untuk menetapkan jalannya sebuah pekerjaan, memberikan umpan balik, dan membuat revisi. Jika seseorang mengelola sistem itu sendiri, maka dirinya lah yang pasti mengevaluasi tulisan freelancer dan mengetahui seberapa baik tulisan kamu bekerja.

Selain mengelola tim sendiri, kamu juga perlu mempertanyakan hal ini:

  1. Apakah tenggat waktu terpenuhi?
  2. Apakah ekspektasi dikomunikasikan dengan jelas?
  3. Apakah penulis memiliki waktu tunggu yang memadai, dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan baik?

Terakhir, jika freelancer telah melakukan kewajibannya, maka jangan lupa untuk menunjukkan penghargaan atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik! Sembari diberikan upah, kamu bisa memberikan sebuah chat atau catatan terima kasih sederhana atau ulasan positif kepada kinerjanya.

Hal kecil seperti ini, dapat membantu para freelancer tetap bahagia dan termotivasi.

6. Lakukanlah Uji dan Revisi

Jika kamu tidak puas dengan hasil tulisan freelancer, maka kamu perlu mengomentari apa saja yang salah dan kurang, lalu mintalah freelancer penulis kamu untuk melakukan revisi. Dengan merevisi dan mengasah strategi, hal ini bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Konten pada artikel seperti blog, cukup mempengaruhi pemasaran konten, walaupun tidak memberikan peningkatan traffic cepat seperti iklan berbayar (maksudnya lamban) Namun, dapat menghasilkan efek yang jangka panjang.

Manajemen dan pengoptimalan konten tulisan, sangat penting dalam meningkatkan strategi pemasaran konten yang sukses. Dengan tim yang tepat, kamu dapat bersantai dan menikmati manfaat dari konten hebat tanpa stres, seperti menggunakan layanan jasa kelola Tech Team Indonesia!

Coba konsultasi GRATIS! https://wa.me/6281902274287 atau https://techteam.id/ Atau kamu bisa chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebelum menggunakan jasa penulis freelancer untuk bisnis kamu!

Menyewa freelancer penulis yang hebat tidak sesulit yang dibayangkan kok. Dengan mengikuti langkah-langkah dalam postingan ini, kamu dapat menemukan penulis berbakat, dan membuat konten berkualitas tinggi, untuk membantu bisnis kamu mencapai tujuan bisnis!

Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Klik Disini dan temukan berbagai tips menarik lainnya!

Tags:
artikel tech team indonesia, PT. Tech Team Indonesia, techteam.id, web developer

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

logo tech team indonesia
EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor