Artikel

Apa itu Telemarketing? Arti, Manfaat, Hingga Strateginya

Apa itu Telemarketing? Arti, Manfaat, hingga Strateginya

Apa itu Telemarketing? Arti, Manfaat, Hingga Strateginya – Telemarketing adalah jenis pekerjaan yang sangat familiar dalam dunia pemasaran.

Di era digital saat ini, telemarketing masih menjadi strategi yang mumpuni dalam pemasaran. Lalu, apa itu marketing? untuk lebih jelasnya, simak baik-baik artikel berikut ini!

Apa itu Telemarketing?

Istilah telemarketing berasal dari dua kata, yaitu tele berarti jarak dan marketing berarti pemasaran.

Telemarketing adalah suatu aktivitas dan strategi pemasaran yang dilakukan secara intensif dengan menggunakan teknologi komunikasi berupa telepon atau internet dan personal yang terlatih untuk menarik calon pelanggan atau menjual kepada pelanggan yang sudah ada di kelompok konsumen yang sudah ditargetkan.

Bagi sebagian orang, telemarketing ini terkadang mengganggu karena ada pihak yang melakukan panggilan telepon terlalu sering, akan tetapi strategi ini tetap menjadi salah satu yang bisa diandalkan untuk meningkatkan penjualan.

Manfaat Telemarketing

Membantu Pelanggan Mengenal Produk

Telemarketing dapat dijadikan sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness produk dari sebuah perusahaan. Seorang telemarketer akan menjelaskan produk berdasarkan detail dan SOP (Standard Operational Procedure) tertentu. Hal ini memungkinkan calon pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan.

Meningkatkan Penjualan

Telemarketing memiliki peranan penting dalam memenuhi target penjualan. Melalui telemarketing, kampanye terkait produk baru dilakukan dalam waktu yang relatif singkat dan tepat sasaran. Hal ini karena kamu akan melakukan kontak langsung dengan pelanggan.

Memiliki Peluang Follow Up Pelanggan

Tak bisa dipungkiri, tidak semua pelanggan yang tertarik terhadap produk atau jasamu akan melakukan pembelian.

Ada beragam faktor kenapa hal tersebut terjadi, mulai dari keraguan dari pelanggan, sisi finansial mereka, ataupun faktor lainnya.

Nah, disinilah peran telemarketing. Kamu dapat melakukan follow up kepada pelanggan dengan meyakinkan mereka untuk membeli produk atau jasa.

Strategi Telemarketing

Untuk menjadi seorang telemarketing handal tentunya membutuhkan strategi tersendiri diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pahami produk atau jasa yang ditawarkan

Sebelum meyakinkan calon pembeli untuk menggunakan produk maupun jasa yang kamu tawarkan, sebaiknya kamu memahaminya terlebih dahulu. 

Kenali dengan baik produk dan jasa tersebut sehingga kamu mampu mengetahui secara detail tentang manfaatnya. 

2. Melakukan riset terhadap calon pelanggan

Selain memahami produk, kamu juga perlu memahami calon pelanggan. Karena itulah, kamu perlu melakukan riset terhadap calon pelanggan.

3. Bersikap ramah

Tetaplah bersikap ramah dan wajar terlebih ketika mulai menghubungi calon konsumen. 

Karena hanya suara kamu yang bisa didengar calon pelanggan. Maka sebaiknya gunakan intonasi yang ramah dan bersahabat.

4. Berikan pertanyaan yang efisien

Berikan pertanyaan secara lugas dan efisien pada calon pelanggan. Kamu tentu tidak tahu apakah saat melakukan panggilan calon pelanggan sedang dalam waktu luang atau tidak, sehingga pertanyaan yang efisien akan lebih pas untuk dilontarkan.

Kamu bisa menggunakan metode 5W+1H (what, when, where, why, who, how) untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan singkat.

5. Tidak selamanya harus jualan

Yang tidak kalah pentingnya dan harus ditanamkan dalam benak kamu sebagai telemarketing adalah tidak selamanya telemarketing harus berjualan. 

kamu bisa sesekali menelepon pelanggan untuk sekedar mengucapkan selamat ulang tahun, selamat hari raya dan sebagainya. Hal ini akan memberikan dampak baik nantinya.

Itulah pembahasan terkait pengertian telemarketing lengkap dengan manfaat dan strateginya yang bisa kamu gunakan untuk mendukung kemajuan perusahaan.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memanfaatkan telemarketing sebagai salah satu ujung tombak pemasaran?

Jangan lupa, gunakan juga pemasaran digital atau digital marketing yang didasari dengan website dan media sosial agar semakin optimal.

Kamu bisa berkonsultasi langsung bersama Tech Team Indonesia melalui https://wa.me/6281902274287 atau www.techteam.id Atau kamu bisa chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia

Artikel Terbaru

Table of Contents

Author

Mira Tania

Published

Januari 16, 2023

Category