Apa itu Unique Selling Proposition (USP)

Apa itu Unique Selling Proposition (USP) – Hello techteamers… Kalian tahu gak sih faktor penting yang perlu dimiliki sebuah bisnis agar terlihat lebih menonjol dari bisnis lain yang menjadi kompetitornya? Penasaran kan jawabannya apa… Yuk simak artikel berikut ini!
Dalam dunia marketing atau sales terdapat istilah Unique Selling Proposition (USP). Unique Selling Proposition (USP) menjadi salah satu faktor terpenting bagi sebuah bisnis atau suatu brand agar lebih menonjol dari bisnis kompetitornya.

Apa Itu Unique Selling Proposition (USP)?

Unique Selling Proposition juga dikenal dengan istilah Unique Selling Point, atau USP. USP adalah keunikan yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain yang sejenis.
USP memainkan peran yang penting dan harus didasarkan pada apa yang membuat bisnis atau brand kamu bernilai unik bagi konsumen. Selain itu, kamu juga masih harus membedakan beberapa aspek yang menjadi perhatian target audience, supaya pesan yang ingin disampaikan dari bisnis kamu tersampai ke audience.
Setiap konsumen yang akan membeli sesuatu tentunya akan membandingkan beberapa produk terlebih dahulu sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan. Ada beberapa hal yang pastinya menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk atau brand. Sebagai contoh, jika suatu produk tidak popular maka konsumen pun enggan membelinya karena dirasa kurang terpercaya.
Jika ingin konsumen langsung membeli produk kita tanpa pikir panjang, maka yang harus kita lakukan adalah memberikan penawaran dengan lebih spesifik lagi terhadap konsumen.
Hal itu juga selaras dengan penjelasan yang diberikan oleh Neil Patel yang menyatakan bahwa USP adalah suatu tujuan bisnis yang spesifik agar brand lebih dikenal.

Tips Menentukan USP (Unique Selling Proposition)


1.      Pelajari beberapa USP dari Bisnis atau Brand Kompetitor
Cobalah untuk melihat dan menganalisis aspek apa yang belum ada dalam produk atau toko mereka. Untuk memulainya, Kamu bisa mengunjungi store online/offline kompetitor. Kemudian perhatikan segala aspeknya, mulai dari produk-produknya, tampilan store, performanya, user experience, proses transaksinya, hingga customer service-nya.
2.      Sampaikan Point – Point Penjualan Kamu dengan Penuh Percaya Diri
Proposisi penjualan yang unik tidak hanya unik bagi perusahaan, tetapi juga unik bagi kamu. Oleh karena itu, kamu perlu memamerkan diri kamu, produk, dan layanan dari bisnis kamu. Antusiasme dan keyakinan kamu harus terpancar melalui USP bisnis kamu.
Oleh karena itu, kamu harus menyampaikan poin penjualan kamu dengan jelas dan percaya diri untuk membuat USP yang unik bagi bisnis kamu.
3.      Mengetahui Kebutuhan Konsumen
Penentuan USP akan percuma jika kamu tidak mengetahui apa yang calon konsumen inginkan atau butuhkan.
Kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu kepada para konsumen tentang apa yang mereka harapkan dari produk yang kamu jual.

Contoh Unique Selling Proposition


Starbucks
Sejak dulu, Starbucks konsisten dengan menyajikan kopi dari bahan-bahan premium. Inilah yang menjadi USP-nya. Meski harganya terbilang mahal dan sekarang sudah banyak pilihan kedai kopi lain yang lebih murah, namun Starbucks tidak pernah kehilangan pengunjung.

Spotify
Spotify dengan fasih memberi tahu kita tentang produknya. Ia ingin membawa musik ke dalam hidup kita dan melakukan hal itu dengan tersedia di smartphone saat kita mobile dan juga di desktop atau PC. USP dari spotify adalah Soundtrack your life.

Tech Team Indonesia
Di era digital saat ini, Tech Team dapat dihandalkan untuk kamu yang memiliki permasalahan bisnis di dunia digital. Tech Team hadir dengan memberikan layanan all-in-one digital solution sebagai jasa digital marketing, pengelolaan media sosial, IT solution. USP dari Tech Team yaitu Raih Mimpimu dan Lebarkan Sayap Dunia Digital Bersama Kami!

Tech Team Indonesia membantu memperbesar effort memajukan usaha kamu dengan jasa pembuatan website, jasa kelola sosial media, jasa motion graphic, jasa pembuatan aplikasi dan berbagai jasa teknologi lainnya.
Kami percaya bahwa dengan teknologi yang baik, akan membantu bisnis kamu makin efisien dan efektif!
Penasaran? Yuk, konsultasi gratis terlebih dahulu dengan menghubungi ke www.techteam.id yang melayani selama 24 jam dan langsung ditangani oleh ahlinya.
Atau Anda bisa dm langsung ke instagram kami di @techteam_indonesia