Branding dan marketing memang kerap membuat orang terkecoh dan kadang suka kebalik. Hal ini karena keduanya sama-sama terdapat unsur “promosi” pada bisnis. Tapi, sejujurnya keduanya tidak sama. Apa perbedaanya? Yuk, baca pada artikel ini, ya!
Pertama, dimulai dari mitos dan fakta!
- Hanya digunakan oleh perusahaan besar
Tentu saja mitos. Baik perusahaan besar maupun kecil bisa kok menggunakan branding dan marketing. Justru, dengan kedua hal ini jadi lebih memahami kebutuhan audiens. Selain itu, branding juga mengatur soal bagaimana hubungan dan pengalaman dengan audiens agar berjalan dengan baik.
- Butuh biaya besar
Memang, ada perusahaan yang rela membayar lebih demi agar praktek marketing dan branding yang mereka lakukan berhasil. Tapi, faktanya justru kamu bisa mengurangi biaya selama menggunakan teknik yang tepat. Misal, cukup membuat feed dan video yang menarik yang di post di media sosial. Hanya dengan cara tersebut jika berhasil menarik audiens maka akan bisnismu akan dikenal dengan sendirinya. Dan harus pahami kebutuhan dan strategi audiensnya juga.
- Harus konsisten dengan citra brand
Maksudnya, konsisten terdapat tampilan, logo dan slogan. Ada yang mengatakan dalam mau sukses harus konsisten dengan teknik branding dan marketing yang kita gunakan. Padahal, justru sebaliknya jangan terlalu “kaku” dan harus terbuka terhadap tren dan masukan dari pihak lain (termasuk audiens) demi kebaikan bisnismu.
Kedua, Apa itu perbedaannya?
Kalau Branding itu fokus bagaimana cara mengkomunikasikan siapa kita (produk atau jasa yang kita tawarkan), value apa dari bisnis kita dan apa yang membuat brand kita terlihat berbeda (keunggulan).
Sedangkan Marketing itu fokus pada kegiatan yang dilakukan oleh untuk mempromosikan barang atau jasa yang mereka buat. Karena, Tujuan utama marketing adalah memancing ketertarikan konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dipromosikan.
Ketiga, Apakah keduanya penting dan bisa beriringan?
Tentu keduanya sama-sama penting. Bahkan, Keduanya bisa beriringan. Karena, brand telah memiliki basicnya saat itulah marketing berperan melalui ide kreatif dan cara yang efektif termasuk interaksi media sosial dan proses pembuatan mulai dari konsep, eksekusi dan kegiatan lainnya juga membutuhkan waktu.
Kedua hal tersebut memiliki misi yang sama yaitu target market dari sebuah brand. Selain itu juga memiliki tujuan untuk membuat strategi yang sesuai dan yang bisa membuat brand yang menguntungkan.
Jadi, udah tau perbedaan keduanya?
Oh, iya kamu lagi butuh jasa terkait digital marketing atau website. Kamu bisa hubungi langsung Tech Team Indonesia melalui https://wa.me/6281902274287 atau www.techteam.id Atau kamu bisa juga chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia.