Hi techteamers! Gak berasa banget hanya tinggal itungan hari kita sudah memasuki bulan Ramadan. Berdasarkan riset dari IDA (Indonesia Digital Association) bersama EMTEK Digital menyatakan terjadinya kenaikan aktifitas digital di masyarakat Indonesia sampai dengan 154% ketika bulan Ramadhan. Hal tersebut meliputi transaksi belanja online, mencari informasi atau sekedar sebagai sarana hiburan.
Tentu saja, sebagai pelaku bisnis kita harus beradaptasi dengan kebiasaan tersebut dan berusaha mengoptimalkan strategi agar menjadi ladang cuan saat Ramadhan. 7 strategi Digital Marketing ini bisa banget kamu terapkan saat Ramadhan!! Cek this out, ya!
- Cari tau siapa audiens kamu
Karena selera konsumen bisa berubah dari waktu ke waktu, perlu buat kamu mencari tau. Kamu bisa pakai fitur Google Trends di awal Ramadhan. Hal ini penting banget karena jangan sampai hanya karena salah target konsumen. Produkmu justru gagal terjual.
- Kasih diskon buat produk kamu
Soalnya, gak cuma kamu yang kasih diskon ke produk kamu, tapi kompetitior lain juga. Dengan ngasih diskon, peluang konsumen ngelirik produk kamu bisa semakin besar.
- Tentukan waktu buat campaign yang tepat
Kenapa sih harus campaign? Supaya kamu bisa ngejangkau konsumen lebih banyak. Pastiin juga kamu tentukan waktu yang tepat buat publikasi campaign kamu. Misal pada waktu ngabuburit atau saat sahur. Kamu juga bisa lihat di analisis traffic campaign kamu sebelumnya untuk tahu waktu campaign yang tepat.
- Lakukan pemasaran lewat video
Kenapa harus video? Karena calon konsumen bakal lebih minat buat tonton iklanmu. Kamu bisa buat dalam bentuk reels dan konten tiktok sekalian. Kemas dengan durasi singkat sehingga orang tidak bosan atau skip video kamu!
- Kemas produk/konten kamu dengan hal-hal yang berhubungan sama bulan puasa
Kamu bisa pakai fitur/simbol yang berhubungan sama bulan puasa, seperti bulan sabit, lentera, unta, dsb. Bisa juga dengan menambahkan copywriting yang berisikan quote atau ajakan berbuat baik pada saat bulan puasa pada promosi konten kamu. Jika, kamu menyediakan produk untuk gift bisa sekalian ditambah dengan kartu ucapan selamat Lebaran. Ini juga bisa sebagai tanda terima kasih kepada konsumen yang sudah membeli produkmu. Bahkan, bisa jadi ide atau referensi untuk gift lebaran yang diberikan kepada orang tersayang.
- Buat storytelling dengan bertemakan ramadan.
Hal ini dapat dilakukan pada saat promosi produk untuk membangun hubungan personal dengan audiens, sehingga audiens merasa terikat dengan narasi yang kamu bangun. Kalau bisa yang ada nilai moral yang bisa diambil dan ditiru oleh masyarakat juga. Tapi, dengan catatan masih relate dengan bisnismu!
- Pastiin website toko kamu nggak lemot
Karena waktu bulan puasa itu pembeli meningkat dan jumlah pengunjung website otomatis juga meningkat, maka pastiin website toko kamu dioptimalkan dulu ya supaya calon pembeli nggak kesel karena website kamu lemot. Kalau perlu tiap saat dipantau oleh bagian IT. Agar, saat lemot cepat ditangani. Sehingga, konsumen tetap bisa akses websitemu terus.
Yuk, manfaatin bulan Ramadan ini sebagai moment untuk membuat bisnismu datangkan cuan. Kamu bisa pilih manakah strategi yang dianggap pas dan sesuai dengan keadaan bisnismu.
Oh, iya kamu lagi butuh jasa terkait digital marketing atau website. Kamu bisa hubungi langsung Tech Team Indonesia melalui https://wa.me/6281902274287 atau www.techteam.id Atau kamu bisa juga chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia.