Tips Membangun Brand Guidelines untuk Bisnis

Tips Membangun Brand Guidelines untuk BisnisBrand guidelines adalah pedoman dalam mengkomunikasikan suatu brand yang meliputi komposisi, desain, tampilan umum, dan gaya bahasa.

Tips Membangun Brand Guidelines

1. Definisikan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan

Ini akan menjadi dasar dari brand guidelines dan akan membantu mengarahkan pembuatan konten dan komunikasi.

2. Buat logo dan visual identity

Logo dan visual identity yang konsisten akan membantu meningkatkan pengenalan dan pengingat brand.

3. Penggunaan media sosial

Penggunaan media sosial harus mencakup aturan untuk mengunggah konten, interaksi dengan audiens, dan pemantauan.

4. Tentukan target pasar

Identifikasi target pasar kamu dan pastikan bahwa brand guidelines bisnis kamu sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

5. Tentukan “voice” dan “tone” perusahaan

Ini akan menentukan cara perusahaan berkomunikasi dengan audiensnya, baik secara lisan maupun tertulis.

6. Pastikan konsistensi

Pastikan bahwa brand guidelines diikuti dengan konsisten di semua komunikasi dan platform yang digunakan perusahaan.

7. Perbarui secara berkala

Perbarui brand guidelines secara berkala untuk menyesuaikan dengan perkembangan perusahaan dan pasar.

8. Penggunaan bahasa

Tentukan aturan penggunaan bahasa, seperti tone of voice, kosa kata yang diperbolehkan, dan jenis komunikasi yang sesuai.

Brand guidelines yang tepat akan membuat kamu dan karyawan lain berkomunikasi dengan gaya bicara yang lebih konsisten dan sesuai dengan citra brand yang ingin dibangun.

Sekian penjelasan mengenai tips membangun brand guidelines untuk bisnis dari Tech Team Indonesia. Untuk kebutuhan bisnis kamu, konsultasikan bersama Tech Team Indonesia dengan menghubungi ke https://wa.me/6281902274287 atau www.techteam.id. Atau kamu bisa dm instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia