EN || ID

Cloud Hosting : Cara Kerja & Keunggulannya

Cloud Hosting : Cara Kerja & Keunggulannya

Cloud Hosting : Cara Kerja & Keunggulannya

Cloud hosting merupakan tipe hosting yang sangat andal untuk era ini. Layanan ini memanfaatkan beberapa server untuk menopang kinerjanya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut ini yang akan membahas tentang Cloud Hosting : Cara Kerja & Keunggulannya.

Secara garis besar, Cloud Hosting adalah jenis hosting yang memungkinkan situs web menggunakan sumber daya dari beberapa server, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih cepat.

Konsep utama dari cloud hosting adalah “Divide and Rule” yang berarti sumber daya yang diperlukan untuk menjaga website tetap online tersebar di lebih dari satu web server dan akan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan.

Cloud hosting memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai hosting web, server email, apps server, penyimpanan data, house domain names, mengelola database.

Yang menguntungkan bagi pengguna cloud hosting adalah banyaknya server yang tergabung tidak mempengaruhi load website. Apabila ada masalah dalam salah satu server maka langsung dialihkan ke server yang lain. Hal ini yang menyebabkan uptime selalu maksimal karena saling backup antar server.

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Cloud Hosting?

Cloud hosting bekerja berdasarkan skema clustering. Artinya, ada sekumpulan komputer server yang saling terhubung dan bekerja dalam satu kesatuan.

Jika terjadi kegagalan server di dalam cloud, server lain akan segera masuk sebagai cadangan untuk melengkapi sumber daya yang dibutuhkan. Cloud juga berguna sebagai server cadangan untuk berjaga-jaga jika terjadi kondisi kelebihan beban (overload).

Untuk memastikan cloud hosting bisa berfungsi baik, diperlukan hardware server berkualitas tinggi agar mampu menjalankan berbagai tugas tersebut.

Keunggulan Cloud Hosting

Uptime Yang Tinggi

Ketika satu server gagal, sisanya akan menutupinya dan membuat situs web akan tetap berjalan lancar. Hal ini membuat cloud lebih andal daripada hosting web tradisional, di mana sebuah situs harus bergantung pada servernya yang menyala setiap saat.

Skalabilitas

Dengan cloud, webmaster tidak terbatas pada bandwidth, penyimpanan, atau daya komputasi yang tersedia dari satu server. Anda dapat menggunakan sumber daya tambahan di lingkungan virtual untuk mendukung pertumbuhan situs web.

Keamanan Yang Baik

Cloud umumnya kurang rentan terhadap bencana dan malfungsi fisik karena menggunakan banyak server di lingkungan virtual. Selain itu, fitur load balancing dapat membantu mencegah serangan DDoS.

Kategori :
Share:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor