EN || ID

Mengenal Jenis-jenis Layanan Hosting

mengenal jenis-jenis layanan hosting

Mengenal Jenis-jenis Layanan Hosting

Masih lanjutan dari artikel kemarin yang membahas tentang Mengenal Jenis-jenis Layanan Hosting, artikel kali ini pun masih tentang dunia perhostingan.

Perlu diingat kembali bahwa, hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui internet.

Mengenal Jenis-jenis Layanan Hosting Anda tahu ada berapa jenis layanan hosting yang tepat untuk kebutuhan website Anda? Jika belum, ada baiknya Anda mengetahui bahwa ada beberapa jenis hosting yang biasanya ditawarkan.

Kira-kira apa saja ya jenis layanan hosting tersebut?

Yuk simak artikel berikut ini….

Shared Hosting

Di shared hosting, setiap situs web akan berbagi sumber daya dengan situs web lain di dalam satu server. Berbagi sumber daya berarti berbagi biaya, sehingga sudah pasti shared hosting lebih hemat biaya. Persiapan setnya juga mudah, sehingga pengguna dengan pengetahuan teknis terbatas pun masih dapat mengelolanya.

Shared hosting adalah pilihan tepat untuk pemula karena kemudahan penggunaannya. Jenis hosting ini bersifat fully managed. Dengan kata lain, pengelolaan dan konfigurasi server ditanggung oleh penyedianya.

Yang tak kalah menarik, layanan hosting ini umumnya ditawarkan dengan harga terjangkau. Anda bisa membeli layanan ini mulai dari harga 10.000 sampai 20.000 perbulannya.

Namun, jenis hosting ini juga memiliki kekurangan. Jika sebuah situs web di server mengalami peningkatan lalu lintas, hal itu dapat menyebabkan masalah kinerja yang berimbas pada situs web lain di server yang sama. Jenis hosting ini juga memiliki skalabilitas yang rendah.

VPS Hosting

VPS atau virtual private server hosting merupakan opsi bagi pengguna yang membutuhkan sumber daya besar dan keleluasaan lebih dalam menyesuaikan pengaturan server dengan kebutuhannya.

Akan tetapi, sumber daya VPS hosting bersifat dedicated. Dengan kata lain, performa website Anda tidak akan terpengaruh masalah yang terjadi pada website pengguna lain.

Meskipun menawarkan root access, VPS hosting bersifat self-managed yang artinya Anda bertanggung jawab untuk mengelola server sendirian.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang server adalah hal utama yang perlu Anda miliki jika ingin menggunakan VPS hosting.

Cloud Hosting

Jenis web hosting ini menawarkan kemudahan penggunaan yang ada pada shared hosting, tetapi dengan kapasitas penyimpanan serta bandwidth yang lebih tinggi, karena tingkat uptime yang lebih tinggi, dan kesalahan server yang diminimalkan.

Jenis hosting ini juga menawarkan skalabilitas dan model bayar sesuai penggunaan jika pemilik perlu mengakomodasi lonjakan tiba-tiba dalam volume lalu lintas situs web mereka.

Cloud hosting adalah jenis hosting yang juga ramah pengguna. Seperti pada jenis layanan hosting sebelumnya, cloud hosting juga bersifat fully managed. Artinya, perhatian dan waktu Anda bisa lebih terfokus pada pengelolaan website — atau toko online.

lebih Mengenal Jenis-jenis Layanan Hosting, Jenis hosting ini sangat baik digunakan situs web bisnis menengah dan besar yang berkembang pesat dengan volume lalu lintas yang tidak dapat diprediksi.

Di samping kecanggihan yang ditawarkan cloud hosting, biaya yang perlu dikeluarkan pengguna tidak rendah. Selain itu, akses konfigurasi server juga tidak diberikan di jenis web hosting ini.

Email Hosting

Email hosting adalah web hosting khusus untuk email. Artinya, server yang Anda pakai memang dirancang untuk mengirim serta menerima email secara profesional.

Daripada email biasa ataupun bawaan dari layanan hosting, email hosting memberikan fitur yang lebih lengkap. Mulai dari backup mingguan, jaminan email sampai ke konsumen, aman dari spam, sampai kemampuan mengirim ribuan email per hari.

Email hosting memungkinkan Anda mengirim 100 hingga 400 email/jamnya. Selain itu, email hosting juga berada di server yang terpisah dari web hosting. Sehingga, performanya pun lebih optimal.

Dibalik kelebihannya, email hosting juga memiliki kekurangan. Pertama, Anda hanya bisa membuat akun email dengan domain utama saja. Fitur dan kapasitas yang Anda dapatkan juga agak terbatas. Tidak ada fitur addon domain, sub domain, dan park domain.

Dedicated Hosting

Jenis hosting ini disewa secara eksklusif oleh satu klien. Karena hanya ada pengguna tunggal yang tidak perlu berbagi sumber daya dengan klien lain.

Selain itu, kapasitas penyimpanan yang didapatkan pun tentunya lebih besar dari yang ditawarkan ketiga jenis layanan hosting di atas. Karena inilah dedicated hosting sangat cocok untuk website dengan banyak data dan pengunjung.

Dedicated hosting juga memiliki keunggulan yang ada pada VPS hosting, termasuk root access, dedicated IP, serta kebebasan memilih sistem operasi serta panel kontrol.

Seperti VPS hosting, pengoperasian dedicated hosting mewajibkan Anda untuk memiliki pengetahuan teknis tingkat tinggi karena pengelolaan server tidak dilakukan penyedia hosting.

Ditambah lagi, biaya jenis hosting ini paling mahal dibandingkan jenis lainnya — harga rata-ratanya di atas satu juta rupiah per bulan.

WordPress Hosting

WordPress hosting adalah layanan berbasis shared hosting yang dioptimalkan untuk penggunaan website WordPress. Layanan WordPress Hosting menawarkan berbagai fitur hebat yang memaksimalkan kinerja website.

Karena dirancang untuk penggunaan WordPress, layanan hosting ini pasti punya beberapa batasan. Misalnya, akses Anda ke server ataupun konfigurasi jadi tidak seleluasa jenis hosting lain seperti VPS. Sebab, semuanya sudah diatur oleh System Administrator.

Selain itu, sumber daya hosting pun juga tidak sebesar VPS ataupun Cloud Hosting. Alasannya, WordPress Hosting menggunakan sistem shared hosting yang servernya digunakan bersama user lainnya.

Jenis Layanan Hosting Mana yang Tepat Untuk Website Anda?

Dalam artikel ini Anda telah mempelajari karakteristik enam jenis layanan web hosting, yaitu Shared, VPS, Cloud, Email Hosting, Dedicated hosting, dan WordPress Hosting.

Semua jenis layanan hosting yang tadi disebut, bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau di Techteam.id. Selain biaya ringan, web hosting Techteam.id juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Ditambah lagi, ada layanan customer support yang siap membantu Anda 24 jam.

Jadi, tunggu apa lagi? Anda bisa membuat website Anda dan mendapatkan berbagai keuntungan di atas dengan membeli layanan web hosting Techteam.id.

Kategori :
Share:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor