EN || ID

Merancang Bisnis Efisien & Efektif di Era 4.0

Merancang Bisnis Efisien & Efektif di Era 4.0

Merancang Bisnis Efisien & Efektif di Era 4.0 – Hallo sobat techteamers, apa di tahun ini kamu tengah berpikiran untuk membuat usaha sendiri ketimbang jadi karyawan perusahaan? Atau, kamu lagi setengah jalan merancang bisnis kamu?

Wah, kalian hebat ya! Semoga niat dan usaha kalian selalu berhasil!

Tentunya saat kamu merancang bisnis, kamu ingin agar rencana bisnismu berhasil dan berjalan dengan efisien dan efektif sesuai dengan prinsip manajemen pada umumnya.

Namun apakah kamu yakin bisnismu sudah efektif dan efisien?

Inilah dua kata yang tak asing dan sering disandingkan tetapi memiliki makna yang berbeda, yaitu efektif dan efisien.

Efektif berkaitan dan berfokus dengan tujuan yang ingin dicapai atau sesuai harapan oleh bisnis kamu dengan mengerahkan segala sumber daya baik itu tenaga, waktu, biaya dan pikiran.

Efektif lebih memandang mencapai keberhasilan tanpa memandang sumber biaya atau sumber lainnya yang tersedia.

Sedangkan efisien lebih berfokus kepada bagaimana cara penggunaan sumber daya yang minimum untuk mencapai hasil yang maksimum/maksimal.

Namun pada kenyataannya, terkadang suatu bisnis atau pekerjaan yang terbilang efektif, tidaklah selalu efisien dan sebaliknya. Oleh karena itu, suatu bisnis perlu adanya usaha yang efektif dan juga maksimal, agar tercapai tujuan sesuai dengan harapan.

Contoh 1, ketika kamu pergi ke Bali dari Jakarta dengan menggunakan pesawat. Mau tidak mau, kamu harus mengeluarkan uang sebesar 5 juta dengan waktu 1 jam.

Dalam hal ini, kamu telah melakukan perjalanan yang tidak efektif (menggunakan ongkos yang mahal) namun telah efisien (waktunya cepat)

Contoh 2, ketika kamu menggunakan kereta dengan waktu yang tepat yang lebih cepat (seperti 2.5 jam sampai) dan biaya yang dikeluarkan murah (mis. 250 ribu), maka kamu sudah melakukan suatu perjalanan yang efektif dan efisien.

Oleh karena itu dua kata ini sering disandingkan untuk memberi penekanan pada dua hal besar dari sebuah bisnis, yaitu pemanfaatan sumber daya sebaik mungkin untuk berfokus pada hal yang besar suatu saat.

Nah, lalu bagaimana agar pekerjaan bisa efektif dan efisien saat di dunia digital sekarang?

  1. Buat perencanaan yang matang mulai dari objective utama, KPI, OKR, hingga action plannya atau kamu bisa membuat perencanaan bisnis pada Business Model Canvas atau Business Lean Canvas yang bisa kamu download di internet gratis
  2. Tentukan skala prioritas bisnismu dan organisasikan pendelegasian pekerjaan yang baik hingga melakukan mentoring dan evaluasi pada bisnis secara berkala.
  3. Selalu promosi untuk mencari prospek, karena hubungan kepada pelanggan dapat memakan waktu berbulan-bulan (repetitive) hingga mengubah pelanggan menjadi klien yang loyal dan kamu bisa melakukan promosi ini di chanel dunia digital, loh!
  4. Segeralah alihkan bisnis tech teamers secara digital bisa dalam bentuk website atau aplikasi mobile dengan menyerahkannya kepada jasa Tech Team supaya semakin efektif dan efisien, bahkan kamu tinggal menunggu jadi saja!

Tech Team Indonesia dengan senang hati dipercayakan sebagai tim yang membuat bisnis konvensional menjadi go digital dengan berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan!

Penasaran? Cukup hubungi https://wa.me/6281902274287 atau https://techteam.id/ untuk konsultasi GRATIS 24 Jam + BONUS + PROMO Spesial yang bisa membuat bisnismu makin digital dan makin dikenal banyak orang berkat Tech Team.

Terima kasih telah membaca artikel ini, ingin mengenal chanel penjualan yang tepat untuk bisnis tech teamers? Yuk, tungguin informasi lainnya dari artikel Tech Team!

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor