EN || ID

Pengertian dan Fungsi Website

Pengertian dan Fungsi Website

Pengertian dan Fungsi Website atau situs web digunakan untuk tujuan tertentu, misalnya sebagai blog pribadi, situs berita, media sosial, company profile, komunitas, situs pemerintahan, media sharing ataupun e-commerce (toko online).

Awalnya, website hanyalah untuk tujuan penggunaan pribadi. Namun, saat ini hampir semua perusahaan memilikinya. Sebut saja, Facebook, Instagram, Twitter, BBC News, dll.

Lalu, bagaimana sejarah website hingga bisa seperti saat ini? Apa saja fungsi website dan manfaatnya yang paling membantu kehidupan baik sebagai pribadi maupun bisnis?

Tenang, Anda akan menemukan jawaban dari semua pertanyaan tersebut di artikel ini! Mulai dari pengertian website, sejarahnya, hingga fungsi dan manfaatnya. Yuk disimak!

Pengertian Website

Menurut Hidayat (2010), Website adalah kumpulan halaman yang digunakan untuk menampikan informasi teks, gambar, animasi, suara atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis ataupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing masing dihubungkan dengan jaringan jaringan halaman.

Dalam pengertian lain, website adalah kumpulan halaman web yang saling terkoneksi dan memiliki data informasi yang saling terkait. Website dibuat untuk dapat diakses secara luas melalui sebuah aplikasi peramban menggunakan URL (Uniform Resource Locator).

Sejarah Website

Sejarah Website
Berners-Lee

Website pertama di dunia lahir di tahun 1991 pada tanggal 6 Agustus oleh Tim Berners-Lee. Ia adalah seorang ahli komputer dari Inggris yang bekerja di laboratorium fisika Swiss. Pada awalnya, website itu dibuat untuk memudahkan para peneliti untuk saling bertukar informasi.

Tonggak berdirinya sejarah website secara terbuka adalah pembuatan website bernama Mosaic oleh NCSA tahun 1993. Setelah itu, CERN, sebagai laboratorium tempat Tim Berners-Lee bekerja, membantu membuat perangkat lunak web itu secara cuma-cuma.

Seiring berjalannya waktu, website semakin berkembang karena sifatnya yang open source. Di akhir tahun 1993, terdapat lebih dari lima ratus situs website.

Dan pada 30 April 1993, website mulai dikenalkan kepada masyarakat dan dapat digunakan secara gratis oleh siapapun, baik individu, organisasi, maupun perusahaan. Dari sanalah website berkembang secara pesat hingga saat ini.

Manfaat dan Fungsi Website

Website dibuat dengan pelbagai macam alasan. Namun, alasan yang paling utama dan menjadi alasan website dibuat untuk pertama kalinya dalam sejarah adalah untuk saling bertukar informasi.

Manfaat website di zaman sekarang juga sudah meluas, bukan hanya sekadar wadah bertukar informasi. Nah, apa saja manfaatnya? Yuk simak berikut ini :

1. Menjadi Platform Bisnis

Jika Anda memiliki bisnis, maka website dapat menjadi representasi Anda di dunia online. Anda bisa membuka toko online untuk memudahkan calon konsumen membeli produk Anda kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, website tersebut bisa menjadi tempat paling ideal untuk melakukan berbagai promosi menarik.

2. Membangun Branding

Website juga dapat digunakan membangun branding bisnis. Hal itu karena website dapat Anda kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis yang menjelaskan identitas online Anda. Anda bisa mencantumkan logo, brand identity, dan sebagainya.

3. Sebagai Media untuk Berbagi Wawasan

Jika Anda memiliki hobi, pengetahuan, dan pengalaman di bidang tertentu, Anda bisa menjadikannya sebagai blog pribadi Anda. Sebagai contoh, kuliner, teknologi, traveling, dan sebagainya.

Dengan begitu, Anda bisa berbagi informasi dengan banyak orang dan sekaligus berkomunikasi dengan orang dengan minat sama untuk berbagi pengalaman.

4. Menjadi Sumber Penghasilan

Website juga bisa menjadi sumber penghasilan. Caranya pun cukup banyak, melalui media blog Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense, melakukan posting yang berbayar sebagai blogger ataupun mempromosikan produk tertentu sebagai seorang influencer.

Bahkan, bisa saja ada cara lain mendapatkan uang dari website yang bisa Anda ciptakan sendiri sesuai dengan keahlian Anda.

5. Mengakses Layanan Publik

Website dapat dimiliki oleh siapapun, termasuk instansi yang memberikan pelayanan umum, seperti rumah sakit, bank, kantor polisi, kantor pajak, dan sebagainya. Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses layanan dengan lebih mudah dan cepat.

Tertarik untuk Membangun Website Anda Sendiri?

Sekarang Anda sudah tahu pengertian website, yaitu kumpulan halaman berisi informasi yang dapat diakses melalui internet.

Seiring sejarah perkembangan website, saat ini ada berbagai jenis website, seperti website pribadi, toko online, portal berita, dan sebagainya.

Logo Techteam

Nah, jika Anda tertarik untuk membangun website professional untuk bisnis ataupun perusahaan, tentunya Anda harus memilih layanan hosting ataupun jasa web development yang tepat.

Tak usah mencari jauh-jauh, karena TechTeam punya apa yang Anda butuhkan!

Kategori :
Share:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor