4 Tips Sepele Bangun Olshop Sampai Sukses!

4 Tips Sepele Bangun Olshop Sampai Sukses!

Kategori :

Uncategorized @id

4 Tips Sepele Bangun Olshop Sampai Sukses!

Kategori :

Uncategorized @id

4 Tips Sepele Bangun Olshop Sampai Sukses! - Berjualan secara online, sudah menjadi trend dikalangan para pebisnis, entah karena lebih praktis, efisien atau efektif hingga memakan modal sedikit. Namun pada kenyataannya, dalam mengelola online shop tidak semudah yang dikira.

Sering sekali para pebisnis pemula kesusahan dalam mengelola online shopnya sendiri hingga entah ingin mulai dari mana online shopnya berjalan.

Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website dan jasa kelola sosial media online shop kamu, tapi apa salahnya bila memulainya sendiri!

Yuk, kita bahas satu per satu!

Online Shop Itu Apa Sih?

Pada dewasa ini, banyak sekali market online yang berjamuran. Bagaimana tidak? Cukup bermodalkan ponsel pintar dan jaringan internet yang memadai, kamu bisa membangun market online sendiri. Kamu bisa membangun online shop, marketplace, dan e-commerce.

Pada tahun 2020, online shop menjadi booming karena keterbatasan para pebisnis untuk menjualkan barangnya. Banyak yang mengalihkan jualan konvesionalnya menjadi digital.

Mungkin ada beberapa diantaranya yang kembali menjalankan jualannya secara offline atau tradisional. Namun ada beberapa diantaranya yang mempertahankan online shop-nya (hybrid) supaya bisa meraup banyak keuntungan.

Menurut para ahli (Mujiyana & Elissa, 2013) menyebutkan bahwa online shop adalah sebuah proses berniaga yang dimana para konsumennya untuk membeli sesuatu kepada penjual secara interaktif dan real-time melalui media perantara jaringan internet.

Sedangkan menurut Edwin, 2014, menyebutkan bahwa online shop adalah proses belanja yang dilakukan oleh seseorang melalui perantara internet.

Seolah-olah pembeli mengunjungi toko penjual namun pada kenyataannya, pembeli hanya sedang duduk di depan komputer dan mengunjungi web toko.

Sehingga secara umumnya, online shop adalah semua proses berniaga pada semua shop atau toko secara online, atau menggunakan perantara internet.

Dimana penjual dan pembeli tidak bertemu secara fisik, melainkan penjual menawarkan produknya pada platform yang ada dengan foto katalog produk.

Lalu kenapa para konsumen masih suka terhadap online shop?

  1. Mendapatkan barang yang diinginkan secara efektif, efisien dan instan
  2. Dapat membeli barang dari tempat yang jauh
  3. Dapat mudah mendapatkan barang yang diinginkan
  4. Mendapatkan promo lebih banyak
  5. Mendapatkan barang yang jauh lebih murah dari toko offline
  6. Cara pembayaran yang kini bisa menggunakan paylater atau dicicil dan sebagainya.

Banyak hal yang membuat para konsumen betah dengan online shop, sehingga kamu bisa mengubah produk atau jasa kamu menjadi digital.

Lalu apa manfaatnya bagi para pebisnis produk atau jasa?

  1. Tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk bangun online shop, banyak platform yang gratis dan kamu tingga perlu mendesain ulang supaya terlihat menarik dan cantik.
  2. Tidak membutuhkan banyak tenaga, kamu bisa sambil santai di rumah
  3. Informasi lebih mudah sampai ke pelanggan dan lengkap
  4. Tidak perlu menggaji karyawan, cukup handle oleh dirimu sendiri atau satu orang
  5. Biaya pemeliharaan yang rendah
  6. Sangat populer di kalangan konsumen milenial dan gen-z
  7. Dapat meraih jangkauan pasar yang luas
  8. Pemasaran yang gratis dan mudah
  9. Tetap melakukan penjualan, sekalipun kamu sedang tidur (buka 24 jam)
  10. Mudah untuk tetap terhubung dengan pelanggan
  11. Bisa dipelajari secara otodidak! Dan banyak manfaat lainnya yang akan kamu terima.

Walaupun terlihat sederhana dan gampang, tetapi tidak menutup kemungkinan agar online shop kamu berkembang dan maju. Kamu perlu membutuhkan tenaga, waktu dan uang agar bisa mencapai tujuan tersebut.

Telah banyak tips-tips menarik yang dibagikan oleh Tech Team Indonesia dan media lainnya. Namun, pada kali ini, Tech Team Indonesia ingin menyampaikan tips sepele yang sebenarnya bisa membangun online shop jauh lebih besar.

Yuk, kita simak ada tips apa saja!

Tips Kacangan Bangun Olshop Sukses!

1. Follow & Subscribe Akun Bermanfaat!

Mungkin hal ini terlihat sederhana, namun dengan follow akun yang bermanfaat dan berguna untuk sosial media, kamu bisa implementasikan tips, strategi maupun informasi yang mereka sebarkan pada online shop kamu.

Kenapa ya atensi kita harus berfokus kepada akun yang tepat?

Menyadur dari Strategi + Bisnis, dalam era “Attention Economy”, kita harus benar-benar selektif dalam follow media sosial atau platform. Karena kalau kita salah follow, atensi kita akan terbuang pada hal yang salah dan sia-sia!

Ya kamu tidak mau kan waktumu terbuang sia-sia, padahal diluar sana ada yang bagikan informasi secara cuma-cuma? Padahal setiap harinya waktu dan informasi bisa saja berubah setiap waktu. Kamu bisa terlambat dari yang lainnya.

Itulah kenapa sekarang influencer jadi profesi yang diminati karena memiliki penghasilan yang banyak. Ini karena mereka mampu mengendalikan atensi pada followers dan subscribers mereka.

Sehingga di era media sosial dan arus kencangnya informasi, kemampuan merebut dan kendalikan atensi audience adalah sebuah kunci. Atensi kamu sangat mahal, maka jangan alihkan atensi kamu pada hal tidak berguna.

Tech Team Indonesia menyediakan tips, strategi dan informasi yang pastinya cocok untuk online shop kamu. DImulai membahas website, sosial media hingga bisnis dan marketing semuanya ada di Tech Team Indonesia!

Atau kamu bisa subscribe akun instagram tentang bisnis atau online shop di Youtube, TikTok hingga follow akun Instagram Tech Team Indonesia yang setiap harinya share ilmu bermanfaat dan berguna!

2. Buat Konten Itu Mudah!

Seringkali kita tidak tahu mau membuat konten apa di akun sosial media atau platform online shop kamu. Sedangkan akun online shop kamu harus aktif karena merupakan kunci untuk berhasilnya sebuah bisnis.

Kamu bisa ikut tips mudah ini, untuk mendapatkan ide konten cuma 1 menit saja!

  1. Brainstorming dengan orang lain atau rekan kerja kamu
  2. Melihat apa yang sedang trending sekarang melalui trend Twitter
  3. Menggunakan Google Keyword Planner untuk melihat topik apa yang sedang dicari oleh audiens
  4. Riset akun kompetitor

3. Beri Promosi & Freebies Sebagai Reward

Siapa sih yang tertarik dengan promosi di online shop? Pasti banyak yang memburu barang dagangan kamu. Selain promosi, kamu bisa memanfaatkan freebies atau free gift kepada konsumen kamu!

Kamu bisa memberikan hal sesederhana seperti stiker lucu, jepitan lucu, gelang, sample produk kamu dan sebagainya sebagai reward kepada konsumen karena telah berbelanja pada online shop kamu.

Atau alternatif lainnya, kamu bisa memberikan “Thank You Card” kepada konsumen, karena sudah membeli produk di online shop kamu & ajakan untuk berbelanja kembali di online shop kamu. Konsumen merasa senang atau tersanjung dan semoga melakukan pembelian lagi di kemudian hari.

4. Memilih Platform Untuk Berjualan

Setiap platform pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, sehingga kamu perlu mempertimbangkan kemampuan dan kesanggupan kamu dalam mengelolanya. Alternatif lainnya, kamu bisa mempelajarinya dari 0 atau menggunakan jasa pembuatan website dan kelola sosial media, seperti Tech Team Indonesia.

Kata siapa transformasi ke digital itu sulit di Tech Team Indonesia?

Buktinya, sudah ada banyak konsumen yang mempercayakan bisnis onlinenya pada jasa kelola sosial media dan pembuatan website Tech Team Indonesia.

Kamu juga di awal bisa melakukan konsultasi secara langsung GRATIS 24 jam, sehingga kamu bisa sharing dulu soal keluhan dan keresahan pada ahlinya.

Yuk, segera hubungi https://wa.me/6281902274287 atau https://techteam.id/ atau kamu chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia sekarang juga!

Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Klik Disini dan temukan berbagai tips menarik lainnya!

Tags:
artikel tech team indonesia, digital marketing techteam, jasa website jakarta, jasa website murah, PT. Tech Team Indonesia, techteam.id, web developer

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

logo tech team indonesia
EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor