Biaya admin berbagai marketplace 2023 yang wajib masuk di harga produk kamu!

Ketika kamu memutuskan untuk menjual secara online. Dan memilih dibeberapa e-commerce. Sebelumnya, kamu harus ketahui berapa biaya admin dari masing-masing e-commerce. 

Apa itu biaya admin e-commerce?

Biaya admin e-commerce itu merupakan biaya yang meliputi pendaftaran, biaya pemrosesan pembayaran serta biaya pengiriman dan penanganan. Biaya tersebut biasanya berdasarkan pada harga jual barang. Berkisar dari 0,1% hingga 10% atau lebih dari harga jual.

Biaya admin dari berbagai e-commerce

  1. TikTok Shop

Saat ini, TikTok Shop telah mengubah biaya administrasi mereka dari biaya pembayaran ke komisi penjualan. Nantinya, seller akan membayar komisi 1% ditambah tarif tetap Rp2000 untuk setiap pesanan mereka yang masuk di TikTok.

Cara menghitung biaya admin = 1% dari tiap pesanan x (harga produk – diskon) + harga tetap (Rp.2000).

  1. Bukalapak

Mulai 16 Januari 2023, Ada perubahan biaya admin. Untuk yang Super Seller kategori A menjadi sebesar 2% dan Kategori B menjadi sebesar 1,5%. Sedangkan, untuk yang non-Super Seller menjadi sebesar 1%.(Dihitung setelah melakukan 100 transaksi).

Adapun barang yang masuk:

  • Kategori A: Motor, Sepeda, Industrial, Rumah Tangga, Handphone, Elektronik, Komputer, Kamera, Fashion Anak, Fashion Pria, Fashion Wanita, Food, Hobi & Koleksi, Kesehatan, Logam Mulia, Olahraga, Perawatan & Kecantikan, Perawatan Rumah Tangga, Perlengkapan Bayi, Perlengkapan Kantor, Tiket & Voucher.
  • Kategori B: Motor, Handphone, Elektronik, Komputer, Kamera.
  1. Tokopedia

Tokopedia memiliki 3 kategori penjual yaitu: Regular Merchant, Power Merchant, dan Power Merchant PRO. Biayanya pun ditentukan berdasarkan kategori produk yang dipasarkan. Mulai tanggal 2 Januari 2023 biaya yang dikenakan oleh Tokopedia berkisar antara 1% hingga 4,5%. Jika, seller memilih layanan bebas ongkir maka ada biaya tambahan sebesar 4% untuk semua kategori dan grup penjual.

Biaya Layanan Sesuai Kategori Produk

Kategori GroupRegular MerchantPower MerchantPower Merchant Pro
14,5%4,5%4,5%
23,8%3,8%3,8%
33,1%3,1%3,1%
41,8%1,8%1,8%
52%2%2%

Untuk kategori grup manakah Produkmu (klik link pada kata Produkmu).

  1. Lazada

Di Lazada terbagi 3 kategori seller yaitu, status seller yang terbagi menjadi 3 kategori yaitu: Seller Biasa, Super Seller, dan Lazmall. Per, 1 Maret 2023 biaya administrasi untuk semua kategori yaitu sebesar 1,82%.

Sedangkan biaya administrasi ketiga kategori tersebut, selengkapnya bisa klik disini

  1. Shopee

Dibagi dalam 3 kategori para penjualnya yaitu, Non-Star, Star Seller, Star Plus, dan Mall. Biaya layanan di marketplace ini ditentukan berdasarkan golongan tersebut dan jenis produk yang dijual. Mulai, Januari 2022. Untuk biaya adminnya berkisar antara 2,3 hingga 4,7%. Selengkapnya disini

Nah, kamu bisa tentukan dan hitung kira-kira biaya administrasi dari beberapa e-commerce. Sebelum, akhirnya kamu pilih e-commerce yang biayanya sesuai dengan kondisi dan pendapatan usahamu.

Oh, iya kamu lagi butuh jasa terkait digital marketing atau website. Kamu bisa  hubungi langsung Tech Team Indonesia melalui https://wa.me/6281902274287 atau www.techteam.id Atau kamu bisa  juga chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia.