Cara Membuat Meme Instagram yang Viral!

Cara Membuat Meme Instagram yang Viral

Cara Membuat Meme Instagram yang Viral!

Kategori :

Artikel
Cara Membuat Meme Instagram yang Viral

Cara Membuat Meme Instagram yang Viral!

Kategori :

Artikel

Cara Membuat Meme Instagram yang Viral! - Kalian pernah melihat meme ini belum?

“Kamu nanyea? Kamu bertanya-tanya?”

“Wah, ini mah pola pikirnya yang kena..”

Meme di Instagram memang jago mengambil perhatian dari pengguna internet, dan itu tidak mengherankan. Potongan konten yang relevan, sangat mudah dibagikan sehingga bisa membangun keterlibatan audiens dan membantu engagement atau pertumbuhan brand di platform.

Ingin tahu bagaimana kamu bisa memasukkan meme ke dalam strategi pemasaran konten kamu sendiri? Kami akan menguraikan apa yang membuat meme kamu menarik dan lucu – serta bagaimana kamu dapat menggunakannya untuk membantu mengembangkan bisnis kamu – Yuk simak di bawah ini!

Apa itu Meme Instagram?

Kalau kamu yang suka jokes di sosial media, pasti tidak asing dengan kata “meme” (dibaca mim).

Dilansir dari EF (English First), meme adalah sebuah elemen budaya atau sistem yang berisi perilaku, kata-kata ataupun tindakan yang seringkali mewakilkan perasaan dan pikiran seseorang. Biasanya meme disertai dengan tulisan atau gambaran yang lucu dan membuat gelak tawa.

Meme ini sering ditemukan di media sosial. Seiring dengan perkembangan jaman, meme awalnya ditemukan pada tahun 1976, sekarang memiliki kata-kata random yang memuat lelucon atau mengkritik fenomena jaman sekarang. Bentuk meme bisa beragam pada hari ini. Bisa berupa video, foto, fotografi, hingga tulisan.

Meme pada media sosial Instagram adalah sebuah konten budaya pop yang universal – yang digunakan untuk menyampaikan komentar yang berhubungan dengan audiens. Mereka bisa bersifat statis atau dinamis, biasanya menampilkan kombinasi teks dan gambar untuk bisa berkomunikasi secara visual.

Konsep lelucon meme bisa memanfaatkan peristiwa terkini, misalnya dari film, dan televisi hingga politik dan kehidupan sehari-hari.

Meme Instagram dapat digunakan untuk membangun afinitas dengan audiens kamu, mengilustrasikan nilai merek kamu, atau sekadar menyuntikkan hal-hal lelucon ke halaman kamu.

Apa bagian terbaiknya? Jika kamu melakukannya dengan baik dan bertanggung jawab, maka meme kamu akan mendorong banyak keterlibatan audiens dan membantu engagement atau pertumbuhan akun kamu.

Alternatif dalam mengelola media sosial agar memiliki engagement tinggi adalah dengan Tech Team Indonesia! Tech Team bisa membantu kamu dalam mengelola sosial media dengan jasa kelola sosial media.

Telah banyak customer yang telah mempercayakan sosial media dari Instagram, TikTok dan sosial media lainnya agar terkelola dan memiliki manajemen sosial media yang baik!

Yuk, coba konsultasi GRATIS! https://wa.me/6281902274287 atau techteam.id Atau kamu bisa chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia

Mengapa Meme Instagram Adalah Ide Engagement Terpanas Saat Ini?

Meme memiliki potensi yang besar di Instagram.

Karena sifatnya yang relatable, relevan, dan sangat mudah dibagikan, meme Instagram adalah cara yang efektif bagi suatu brand dan bisnis untuk mendapatkan banyak like, komentar, dan bagikan.

Dengan konten meme juga, kamu bisa lebih dekat dengan audiens kamu! Kamu tidak dikaitkan sebagai akun yang kaku, formal atau susah untuk didekati. Namun dengan adanya meme, hal ini malah membuat audiens merasa intimate dengan brand atau produk kamu!

Beberapa akun besar dan memiliki audiens di Instagram, tidak jarang mereka membuat dan berbagi meme. Walaupun meme selalu menjadi format yang populer, sebenarnya terlalu memuat meme pada sebuah akun perlu dikontrol. Hal ini menyangkut citra kamu sebagai brand. Sehingga buatlah meme dengan bertanggung jawab dan tidak menyinggung SARA.

Cara Membuat Meme Instagram

Langkah #1: Temukan Inspirasi di Online

Cara kamu menemukan meme adalah dengan berselancar pada internet itu sendiri. Pada media sosial Twitter, terdapat banyak meme yang tersebar hanya dengan kamu mengetik kata “meme” pada search bar.

Media sosial adalah tempat dimana kamu menemukan inspirasi dalam membuat meme yang dianggap relevan dan lucu oleh audiens kamu. Dengan cara ini, kamu dapat mengikuti dan melayani konten sesuai dengan audiens target konsumen kamu.

Langkah #2: Buat Meme Anda

Good News: Sebagian besar meme memiliki fromat atau desain yang serupa dan sama, jadi kamu tidak perlu memiliki keterampilan desain tingkat lanjut untuk membuat meme viral. Tenang aja, tinggal masukin kata-kata saja dari instagram pun jadi!

Lalu ada perbedaan pada meme statis/gambar dan video. Inilah caranya kamu dapat membuat meme statis dan video:

Cara Membuat Meme Statis:

Membuat meme statis sebenarnya jauh lebih mudah daripada yang dibayangkan.

Tools atau website seperti Imgflip , Mematic , dan Imgur , memungkinkan kamu untuk menambahkan tulisan atau kata-kata ke dalam foto atau gambar meme yang sudah ada dalam sekejap.

Sat set sat set tambahkan teks, gambar, stiker, gambar, dan spasi agar sesuai dengan estetika produk feeds kamu, dan jadi deh! Meme kamu siap diposting!

Cara Membuat Meme Video:

Membuat video meme pada dasarnya tidak jauh berbeda pada meme gambar atau statis. Kamu bisa mencari inspirasi dari media sosial atau website. Lalu kamu tambahkan keterangan dengan menggunakan aplikasi edit video atau pada aplikasi media sosial itu sendiri.

Misalnya kamu bisa menggunakan CapCut atau jika memiliki aplikasi TikTok dan Instagram, kamu bisa memulai untuk menambahkan keterangan pada meme kamu sendiri!

3 Praktik Terbaik untuk Membuat Meme Viral!

Sekarang setelah kamu mengetahui caranya membuat meme, berikut adalah tiga cara untuk membawa meme Instagram kamu ke atas!

#1: Tetap pada Identitas Brand

Meskipun meme Instagram itu menyenangkan, namun tetaplah penting untuk tetap konsisten dengan konten produk kamu. Maksudnya, meme bagus engagement, namun bila diposting setiap hari untuk meningkatkan engagement, maka akan berpengaruh negatif pada brand kamu!

Sehingga lakukanlah dengan bijak dan bertanggung jawab! Bila ingin memulainya, buatlah konten tersebut agar masih sesuai dengan identitas atau dapat mengkomunikasikan produk atau brand kamu kepada khalayak!

Ketahui jenis konten apa yang berbicara kepada audiens dan coba temukan meme yang memberikan nilai bagi audiens kamu.

#2: Ikuti Tren Tepat Waktu

Tiket menuju kesuksesan meme adalah mengikuti tren tepat waktu, dimana ketika tren tersebut masih segar dan relevan dengan audiens kamu.

Dengan begitu, kamu memiliki peluang yang lebih baik untuk menjadi viral. Misalnya kamu bisa menggunakan meme Dilan Cepmek, karena meme ini pernah viral dan digunakan oleh beberapa brand terbesar di Indonesia.

#3: Jangan Memperumitnya

Meme dimaksudkan agar mudah dibaca, dapat dibaca sekilas, dan mampu menyampaikan pesan dalam hitungan detik. Jadi, praktik terbaiknya adalah menjaga teks pada foto atau video agar tetap pendek dan singkat, untuk pengalaman meme yang menonjol.

Nah sekan dari tips membuat meme yang menarik dan bisa meningkatkan engagement kamu. Sehingga kamu bisa membuat konten yang menarik dan segar dengan audiens kamu! Yuk, ikutin terus sosial media dan artikel Tech Team Indonesia agar semakin pintar digital marketing dan teknologinya!

Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Klik Disini dan temukan berbagai tips menarik lainnya!

Tags:
artikel tech team indonesia, jasa website jakarta, jasa website murah, PT. Tech Team Indonesia, techteam.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

logo tech team indonesia
EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor