Cara & Tools Kreatif Untuk Meningkatkan Riset Konten – Membuat konten secara konsisten membutuhkan fokus dan perencanaan, sehingga kamu perlu memiliki cara untuk menangkap dan menyimpan update ide yang fresh, kalender perencanaan konten untuk melihat secara visual (gambaran), konten apa yang akan datang dan alur kerja konten yang membuat proses pembuatan konten terus berlanjut hingga selesai.
Membuat ide konten itu mudah, setelah kamu tahu di mana mencarinya dan bagaimana terus mengembangkan konten tersebut dengan nilai dna layanan bisnis kamu dan keahlian diri kamu sendiri.
Berikut adalah beberapa cara dan beberapa tools penelitian yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten!
Bagaimana Cara Menemukan Ide Konten Baru?
1. Cobalah Membuat Survey Pada Audiens Kamu
Cara paling efektif untuk menghasilkan ide konten adalah dengan bertanya kepada audiens kamu secara langsung. Kamu dapat melakukannya melalui survei email, di mana kamu dapat mengajukan beberapa pertanyaan terbuka yang bijaksana, yang bisa digunakan untuk membantu kamu melihat apa yang menjadi kebutuhan mereka dan bagaimana kamu dapat menawarkan beberapa solusi untuk masalah mereka.
Kamu juga dapat menggabungkan beberapa opsi pilihan ganda dalam survei email, seperti mencantumkan pilihan ganda (A,B,C,D, & E).
Hasil survei kamu dapat membantu memeriksa masalah yang penting bagi audiens dan cara untuk membantu mengisi kekosongan.
Di media sosial, kamu dapat melakukan hal yang sama dengan memasukkan polling interaktif, pertanyaan, dan stiker yang memungkinkan audiens mau atau tertarik untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan umpan balik kepada kita.
2. Coba Dengar Pertanyaan Audiens
Coba kamu lihat pertanyaan umum dari audiens. Kamu bisa melakukannya dengan mengaudit bagian komentar di postingan media sosial, DM, postingan blog, atau pertanyaan yang sering diajukan orang kepada produk atau bisnis kamu melalui email atau selama streaming langsung.
Coba sekarang kumpulkan pertanyaan umum untuk mengidentifikasi tema umum untuk dapat dikembangkan di sosial media kamu.
3. Analisis Kompetitor & Kinerja Postingan
Kamu perlu untuk meluangkan beberapa menit di media sosial atau situs web pesaing. Lalu lihat apa yang ada di kompetitor dan pikirkan, bagaimana caranya agar konten sosial media kamu bisa dibuat ulang secara lebih baik.
Selain kompetitor yang kita analisis, kita perlu meninjau analitik dan identifikasi post apa dan post mana yang disimpan, dibagikan, atau dikomentari dan catat pertanyaan umum yang diajukan oleh audiens kepada kamu. Lihat artikel atau halaman mana yang paling banyak diklik atau halaman tempat orang menghabiskan waktu paling banyak di situs kamu.
Tools Jitu Bahan Referensi Ide Konten
Sekarang setelah mengetahui cara membuat postingan, berikut adalah beberapa tools yang digunakan untuk meningkatkan penelitian konten dan menghasilkan ide topik tanpa akhir. Berikut adalah beberapa alat yang selanjutnya dapat membantu kamu dalam memvalidasi ide dan memperluas topik:
1. QUORA
Quora adalah tempat yang tepat untuk memulai ide konten berdasarkan pertanyaan dan masalah yang ditanyakan orang. Kamu hanya perlu mengetik keyword yang inginkan, lalu akan muncul beberapa pertanyaan yang bersangkutan dengan keywords yang kamu ketik.
2. REDDIT
Reddit adalah agregator atau pengepul konten yang hebat. Sehingga kamu bisa menggunakan unakan Reddit untuk melakukan pencarian kata kunci dan melihat respons serta cara orang memberi peringkat respons.
Menggunakan Reddit dapat memberi kamu pemeriksaan secara cepat topik atau tentang apa yang membuat orang cari atau penasaran dan menawarkan perspektif baru yang dapat ditambahkan ke percakapan atau topik yang sedang diteliti.
3. ONLINE GRUP
Kamu pernah masuk ke grup chat atau komunitas berbasis grup chat pada sosial media?Kamu mungkin termasuk dalam berbagai grup online. Di sana kamu bisa melihat inspirasi apa yang dapat diperoleh saat mengunjungi grup online. Lihatlah Grup Facebook atau Grup LinkedIn.
Evaluasi topik yang sedang didiskusikan, pertanyaan yang sering ditanyakan orang, dan bagaimana kamu dapat menghasilkan solusi konten yang dapat membantu dan memecahkan masalah orang.
4. GOOGLE
Siapa yang tidak mengetahui Google? Ternyata dengan Google kamu bisa maksimalkan kemampuan pencarian bawaan Google. Mereka memberi “pencarian terkait” dan juga dapat mengotak-atik fitur pelengkapan otomatis Google untuk membantu dalam menghasilkan beberapa subtopik.
Kamu bisa mengetahui topik atau keywords mana saja yang sering dicari oleh orang-orang selama seminggu kebelakang atau pada hari itu juga. Kamu bisa menggunakan Google Trends.
5. TREND TWITTER & TAGAR
Lakukan beberapa pencarian kata kunci di Twitter dan lihat bagaimana orang berbicara tentang topik tertentu. Temukan perspektif, sumber daya, atau pertanyaan unik yang dapat dijelajahi.
Manfaatkan daftar Twitter untuk membantu kamu mengatur pemimpin pemikiran atau akun lain yang menambahkan pemikiran berharga ke topik tertentu.
6. PINTEREST
Aplikasi ini menyimpan seribu visual yang menarik dan aesthetic, cocok untuk kamu yang mempromosikan barang atau bisnis kamu dengan menggunakan video atau foto yang cantik!
Lakukan pencarian kata kunci dan lihat bagaimana gambar, judul, dan topik dikuratori. Dapatkan beberapa inspirasi untuk topik yang kamu inginkan dan caranya dapat menyampaikan solusi secara visual dalam grafik, gambar, atau video, atau judul yang menarik kepada audiens, karena dalam Pinterest menyimpan banyak trik dan hacks berbentuk infografis yang perlu kamu ketahui.
Nah itulah beberapa cara dan tools yang bisa Tech Team berikan kepada kalian. Bila ingin sosial media kamu memiliki manajemen dan terkelola dengan baik, Tech Team Indonesia bisa jadi sahabat yang mengerti dan kasih solusi jitu untuk sosial media kamu!