EN || ID

Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi

faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi

Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi

Kebutuhan akan informasi yang cepat, andal dan akurat dalam kondisi lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian mutlak diperlukan. Teknologi informasi meliputi teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang digunakan untuk memproses dan menyebarkan informasi baik bersifat finansial maupun
non finansial.

Secara empiris bahwa teknologi informasi merupakan sarana untuk mengurangi ketidakpastian lingkungan organisasi. Teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara efektif jika anggota dalam organisasi dapat menggunakan teknologi tersebut dengan baik. Oleh karena itu sangat penting bagi anggota organisasi untuk mengerti dan memprediksi kegunaan sistem tersebut.

Thompson mendefinisikan pemanfaatan teknologi sebagai manfaat yang diharapkan oleh pengguna sistem informasi dalam melaksanakan tugasnya dimana pengukurannya berdasarkan pada intensitas pemanfaatan, frekuensi pemanfaatan dan jumlah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan.

Terdapat enam faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi adalah faktor sosial, affect, kesesuaian tugas, konsekuensi jangka panjang dan kondisi yang memfasilitasi.

Nah.. Oleh karena itu Techteamers untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut mengenai faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi!

Faktor Sosial

Berkaitan dengan internalisasi individu dari referensi kelompok budaya subyektif dan mengkhususkan persetujuan antar pribadi bahwa individu telah berusaha dengan yang lain pada situasi sosial khusus. Budaya subyektif berisi norma (norm), peran (role) dan nilai-nilai (values).

Faktor sosial yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi mencakup pernyataan tentang:
a. Banyaknya rekan kerja yang menggunakan teknologi informasi khususnya teknologi komputer dalam melaksanakan tugas/pekerjaan harian
b. Terdapatnya manajer senior/atasan yang membantu/ mendorong baik dalam memperkenalkan maupun dalam memanfaatkan teknologi informasi.
c. Perusahaan sangat membantu dalam pemanfaatan/penggunaan teknologi informasi.

Thompson menemukan bahwa faktor sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemanfaatan komputer yang konsisten. Di Indonesia menemukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara faktor sosial dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Faktor Affect

Sebagai perasaan gembira, kesenangan atau ketidaksenangan dan benci yang berhubungan dengan individu tertentu dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Pernyataan untuk mengetahui mengetahui faktor affect dengan pemanfaatan teknologi informasi antara lain:
a. Pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih menarik dan mudah jika memanfaatkan teknologi informasi
b. Adanya perasaan yang lebih senang bekerja jika menggunakan teknologi informasi khususnya teknologi komputer
c. Teknologi informasi dapat bermanfaat untuk beberapa jenis pekerjaan

Faktor Kesesuaian Tugas

Kesesuaian tugas berhubungan dengan sejauhmana kemampuan individual menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja individual dalam melaksanakan tugas.

Enam pernyataan untuk mengetahui pengaruh kesesuaian tugas dengan pemanfaatan teknologi informasi. Keenam pernyataan tersebut antara lain :
a. Memanfaatkan teknologi informasi tidak mempengaruhi kinerja pekerjaan
b. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.
c. Memanfaatkan teknologi informasi dapat meningkatkan kualitas pekerjaan.
d. Memanfaatkan teknologi informasi dapat meningkatkn efektifitas pekerjaan
e. Jumlah output yang dihasilkan akan meningkat
f. Menggunakan teknologi informasi dapat membantu dalam penyelesaian tugas.

Faktor Konsekuensi Jangka Panjang

Konsekuensi jangka panjang didefinisikan sebagai hasil yang diperoleh dimasa datang, seperti peningkatan fleksibilitas, merubah pekerjaan atau peningkatan kesempatan bagi pekerjaan yang lebih berarti.

Empat pernyataan untuk mengetahui pengaruh faktor konsekuensi jangka panjang dengan pemanfaatan teknologi informasi antara lain:
a. Menggunakan teknologi informasi menjadikan pekerjaan lebih menantang
b. Menggunakan teknologi informasi membuat pekerjaan lebih bervariasi
c. Menggunakan teknologi informasi akan meningkatkan kesempatan untuk melakukan tugas yang berbeda
d. Menggunakan teknologi informasi dapat meningkat kesempatan untuk meraih posisi yang lebih baik.

Faktor Kondisi Yang Memfasilitasi

Dalam konteks pemanfaatan teknologi informasi dukungan terhadap pemakai merupakan salah satu tipe dari kondisi yang memfasilitasi yang dapat mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi.


Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor