Masih bingung mau pakai iklan apa buat bisnis kamu? yuk kenalan sama PPC (Pay Per Click)

Sampai saat ini iklan tetap dijadikan sebagai media untuk promosi produknya. Bahkan, inovasinya juga sudah berkembag. Salah satunya iklan secara online. Nah, ada satu aspek yang jika iklan tersebut yaitu, pay per click. Biasanya iklan ini adanya di media sosial atau website. 

Sesuai dengan namanya yaitu, pay per click (PPC) ini jenis model iklan online yang mana si pembuat iklan cukup bayar biaya setiap kali salah satu iklan mereka diklik. Bisa dibilang merupakan salah satu in cara dapatin kunjungan ke situs web.

Kelebihan Pay Per Click:

  • Ngasih hasil yang cepat dan bisa diukur secara langsung.

Dibandingkan dengan SEO, PPC ini justru bisa memberikan hasil yang lebih cepat bahkan bisa langsung dalam hitungan jam atau hari saja.

  • Memungkinkan pengiklan buat ngatur dan ngontrol anggaran iklan mereka.

Bisa disesuaikan dengan anggaran dan pendapatan bisnismu saja. Bahkan, melalui PPC hanya ratusan ribu saja.

  • Memungkinkan pengiklan buat nargetin pengguna yang spesifik dan relevan sama bisnis mereka.

Ini terkait dengan budget dan anggaran. Semakin sedikit dan spesifik maka semakin sedikit anggaran yang dikeluarkan untuk iklan

Kekurangan Pay Per Click:

  • Bisa mahal kalo pengiklan nggak ngelola kampanye iklan mereka dengan baik.

Hal ini bisa terjadi jika pebisnis tidak mengetahui sistem iklan PCP seperti, dalam menentukan strategi dan audiens

  • Ada risiko klik curang dan penipuan yang bisa ngerugiin pengiklan.

Namanya, jiggling yakni, kita klik iklan yang sama berkali-kali dalam waktu yang sama atau berdekatan sekaligus. Kalau sudah jiggling maka bisa mempengaruhi agloritma dan performa dalam platform yang digunakan

  • Kadang susah buat saingan sama pengiklan lain yang nargetin kata kunci yang sama.

Apalagi kalau jenis produk dan jasanya sama. Jadi, jatuhnya seperti bersaing ketat untuk mendapatkan banyak audiens. Bahkan, bisa juga iklan yang dibuat kompetitor justru lebih banyak dikunjungi banyak audiens.

Jenis iklan Pay Per Click:

  • Iklan pencarian (Search Ads)

Biasanya muncul pada SERP (Search Engine Result Page), baik pada mesin pencari dan ditandai dengan tulisan teks Iklan.

  • Iklan tampilan (Display Ads)

Menampilkan dalam bentuk display ads. Bisa berupa teks, maupun visual.

  • Iklan sosial media (Social Media Ads)

Tampilnya di social media. Iklan tersebut biasanya di beranda atau story 

  • Iklan video (Video Ads)

Berupa video berupa story telling

  • Iklan shopping (Shopping Ads)

menampilkan gambar produk beserta harganya di hasil pencarian Google. Kalau klik akan diarahkan langsung ke link atau website barang yang dijual

  • Iklan re-targeting (Retargeting Ads)

Hanya akan menampilkan iklan ke orang yang sebelumnya sudah mengunjungi website atau melakukan pembelian (pelanggan sebelumnya atau orang tersebut tertarik tapi belum beli).

Untuk berlangganan iklan Pay Per Click, langkah-langkah umumnya adalah sebagai berikut:

  • Pilih platform iklan. 
  • Daftar dan buat akun 
  • Tentukan anggaran iklan 
  • Buat kampanye iklan 
  • Bayar per klik 
  • Pantau dan evaluasi kampanye

Yuk, Tingkatkan trafik website kamu dan penjualan dengan mulai kampanye Pay Per Click sekarang juga!

Oh, iya kamu lagi butuh jasa terkait digital marketing atau website. Kamu bisa  hubungi langsung Tech Team Indonesia melalui https://wa.me/6281902274287 atau www.techteam.id Atau kamu bisa  juga chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia.