Kenali TikTok Shadowban & Bagaimana Menghindarinya

Kenali TikTok Shadowban & Bagaimana Menghindarinya

Kategori :

Uncategorized @id

Kenali TikTok Shadowban & Bagaimana Menghindarinya

Kategori :

Uncategorized @id

Kenali TikTok Shadowban & Bagaimana Menghindarinya - Apa akun TikTok kamu mengalami ciri-ciri seperti di bawah ini?

  1. Video konten TikTok kamu tidak muncul di beranda
  2. Video konten TikTok tidak muncul di kolom pencarian
  3. Nama akun TikTok kamu tidak muncul di kolom pencarian
  4. Konten kamu sulit ditemukan, bahkan nihil tidak ada videonya sama sekali

Sayang sekali, akun TikTok kamu terkena shadow banned.

Shadowban ini terkenal sebagai penyebab di balik kurangnya like, komentar, dan jumlah views pada konten, bahkan tidak ada sama sekali. Hal ini tentu menghambat pertumbuhan akun dan bisnis kamu.

Tapi apa sebenarnya yang menyebabkan shadowban, dan bagaimana kamu bisa menghindarinya? Tech Team Indonesia akan membantu kamu lewat artikel ini, jangan lupa untuk simak sampai akhir ya!

Apa itu Shadowban TikTok?

Tidak berbeda dengan shadowban di Instagram, shadowban TikTok adalah suatu keadaan ketika akun tanpa disadari dan disengaja telah diblokir atau dibatasi sebagian atau seluruh oleh aplikasi TikTok.

Akibatnya, konten kamu tidak akan muncul di halaman FYP atau for your page dan kemungkinan besar kamu akan mengalami penurunan suka, tampilan, dan komentar yang signifikan.

Kejadian ini otomatis dilakukan oleh algoritma TikTok untuk melindungi pengguna dari masalah hak cipta, spam, ancaman, dan konten yang tidak pantas.

Pada dasarnya, ini adalah cara TikTok membatasi akun kamu dalam kurun waktu— bisa singkat atau kama. Namun hal ini dapat berdampak negatif pada jangkauan, kemampuan untuk ditemukan, dan menghambat pertumbuhan akun kamu di platform.

Apa Penyebab Shadowban TikTok?

Sama seperti pada permainan bola, mereka pasti memiliki seperangkat aturan dan peraturan yang wajib kamu ikuti untuk bermain bola. Sama halnya dengan TikTok, mereka memiliki pedoman komunitas agar melindungi penggunanya dari “akun” yang dinilai berisiko.

Baca: TikTok’s community guidelines

Sementara ini, TikTok belum mengeluarkan pernyataan resmi pada istilah penggunaan istilah "shadowban", sehingga Tech Team Indonesia menyimpulkan, bahwa melanggar pedoman aplikasi dapat membuat akun kamu keluar dari aturan atau pedoman pengguna.

Menurut platform, shadowban TikTok akan muncul pernyataan seperti ini di aplikasi “We will temporarily or permanently ban accounts and/or users that are involved in severe or repeated on-platform violations [of our Community Guidelines].”

Dari kalimat yang digunakan, TikTok menilai bahwa konten kamu menyinggung atau memuat konten yang melanggar peraturan komunitas, dan ada sejumlah alasan mengapa TikTok dapat memilih untuk membatasi akun kamu secara diam-diam.

Alasan paling umum termasuk:

  1. Perilaku spam
  2. Kebencian
  3. Berita palsu
  4. Kekerasan
  5. Ketelanjangan
  6. Narkoba
  7. Musik berhak cipta

TikTok sangat bergantung pada moderasi otomatis untuk memeriksa apakah sebuah video melanggar pedoman komunitas. Selain itu, jika audience "Report" atau melaporkan sebuah video, ini juga dapat memicu shadowban.

Cara Mengetahui Apakah Anda Diblokir

Bagian tersulit dari shadowban adalah TikTok tidak akan memberitahu kamu bahwa akun kamu telah diblokir. Tidak ada pemberitahuan, email, atau bahkan surat — semuanya nihil.

Ini berarti bahwa shadowban seringkali tidak disadari oleh penggunanya sendiri.

Namun, ada beberapa indikator utama yang akan menentukan apakah akun kamu telah menerima pembatasan atau shadowban:

  1. Konten tidak terlihat di halaman FYP atau kolom pencarian
  2. Video tidak akan diupload (video akan terus dalam proses "dalam peninjauan" atau “under review” dan "sedang diproses" atau “processing”)
  3. Penurunan drastis dalam like, views, atau share.

Jika ketiga hal ini berlaku atau ada pada post kamu, kemungkinan kamu memiliki akun yang terkena shadowban.

Jika terjadi shadowban, ini saat yang tepat untuk memeriksa isi konten video, teks, dan tagar yang digunakan — apakah konten kamu membuat algoritma TikTok waspada?

Cek kembali pedoman komunitas TikTok dan nilai apakah ada video yang dapat memicu pelanggaran sehingga akun kamu dibatasi.

Bila kamu khawatir bahwa akun kamu terkena shadowban, Tech Team Indonesia telah dipercaya oleh masyarakat untuk mengelola sosial media kamu, dan menjadwalkan semua pos dan konten sosial media sesuai dengan pedoman komunitas yang berlaku.

Yuk, hubungi hari ini, GRATIS! https://wa.me/6281902274287 atau https://techteam.id/ Atau kamu bisa chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia

Berapa Lama TikTok Shadowban Bertahan?

Shadowban adalah sebuah curveball media sosial yang nyata. Curveball artinya untuk mempresentasikan (seseorang) dengan masalah, situasi, pertanyaan yang sulit dan tidak terduga, dll.

Karena shadowban hadir di wilayah abu-abu atau ketidakpastian, dan tidak ada jawaban pasti tentang berapa lama mereka bertahan.

Karena itu, banyak pengguna telah melaporkan bahwa shadowban biasanya berlangsung antara dua minggu dan satu bulan.

Di luar itu, itu artinya bahwa kamu hanya harus menunggu sampai TikTok memutuskan untuk mencabut larangan atau batasan pada akun kamu.

Bagaimana Cara Menghapus Shadowban TikTok?

Bagaimana cara menghilangkan shadowban di TikTok?

Jawabannya: It’s complicated.

Tidak ada formula rahasia tentang cara membalikkan shadowban, kemungkinan besar kamu hanya perlu melewati periode beberapa waktu dan beristirahat dari memproduksi konten di platform TikTok atau kamu bisa membuat akun lagi dimulai dari 0.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu kasus kamu dan menghindari pemogokan di masa mendatang:

  1. Hapus konten yang ditandai
  2. Ikuti pedoman komunitas TikTok
  3. Hindari perilaku seperti spam di aplikasi

Selain mengikuti pedoman komunitas aplikasi, sulit untuk mengetahui secara pasti mengapa akunmu menghadapi shadowban.

Namun, kabar baiknya adalah bahwa shadowban tidak bertahan selamanya — jadi jika akun kamu sedang dalam batas waktu TikTok sekarang, duduklah dengan tenang. Kamu akan kembali ke membuat konten dalam waktu singkat.

Sudah siap untuk naik level-up pada strategi TikTok kamu? Rencanakan, jadwalkan, dan poskan otomatis TikTok kamu, dengan konsultasi olah sosial media Tech Team Indonesia. Konsultasi hari ini gratis.

Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Klik Disini dan temukan berbagai tips menarik lainnya!

Tags:
artikel tech team indonesia, PT. Tech Team Indonesia, techteam.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

logo tech team indonesia
EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor