Sekilas memang serupa antara KOL (Key Opinion Leader) dengan influencer. Bahkan, saat menghadiri suatu acara ada influencer itu dimasukan dalam kategori KOL. Tapi, ternyata keduanya itu sangat berbeda, loh. Untuk lebih lanjutnya ada pada artikel ini!
Apa itu KOL?
KOL atau kependekan dari Key Opinion Leader merupakan yang biasanya memilik kategori yang lebih spesifik lagi dan dikenal karena influencer dibidang tersebut. Contoh, Ria SW yang merupakan KOL dibidang kuliner dan Sarah Ayu dibidang makeup.
Karena itu untuk bidang project dan kerjasama dengan sebuah brand harus disesuaikan dengan keahlian mereka dan lebih terbatas. KOL Ini lebih cocok bagi yang ingin meningkatkan brand awareness karena KOL memang lebih fokus pada brand dibidangkan penjualan produk. Walau, ada juga penjualannya meningkat karena peran KOL tersebut.
Maka tidak heran untuk postingan mungkin tidak sebanyak influencer dan rata-rata tiap feeds tipe postingannya juga beragam. KOL ini semacam ingin memfokuskan dirinya memang ahli dan ingin dikenal karena bidangnya.
Apa itu influencer?
Influencer merupakan sosok yang fokus untuk membangun citra dirinya di internet. Pokoknya, influencer tersebut ingin apa yang dilakukan dirinya dan postingannya bisa berpengaruh kepada pengikutnya.
Sesuai tujuannya yaitu, untuk membangun citra dirinya dan mengandalkan pada jumlah pengikut. Maka brand yang endorse atau partnership lebih beragam. Terlebih, influencer lebih fleksibel untuk kontennya. Bisa hari ini konten posting endorse barang fashion dan Bisa juga besoknya konten review restoran (yang dimana endorse oleh pihak restoran tersebut).
Jika ingin meningkatkan penjualan produk maka influencer merupakan pilihan yang tepat. Terlebih, kalau followersnya besar maka makin banyak followers yang checkout produk tersebut. Walau begitu, ada juga influencer yang sangat selektif dalam memilih dan mengambil produk dan brand yang ditawarkan.
Bahkan, ada terang-terangan yang mengakui kalau influencer tersebut menolak jika tidak sesuai dengan selera dan yang suka dipakai dalam sehari-hari. Alasannya, karena tidak ingin menipu para followersnya.
Kamu bisa gunakan keduanya untuk meningkatkan bisnismu. Tinggal, kamu sesuaikan dengan tujuan apakah berfokus untuk brand awareness atau penjualan barang dan Silahkan pilih KOL atau influencer yang sesuai dan Kalau bisa cek review dari brand lain yang pernah kerjasama dengan KOL atau influencer yang dipilih sebelum menghubunginya.
Oh, iya kamu lagi butuh jasa terkait digital marketing atau website. Kamu bisa hubungi langsung Tech Team Indonesia melalui https://wa.me/6281902274287 atau www.techteam.id Atau kamu bisa juga chat Instagram Tech Team Indonesia di @techteam_indonesia.