“Zeigarnic Effect” Untuk Iklan Bisnis

“Zeigarnic Effect” Untuk Iklan Bisnis

Kategori :

Uncategorized @id

“Zeigarnic Effect” Untuk Iklan Bisnis

Kategori :

Uncategorized @id

“Zeigarnic Effect” Untuk Iklan Bisnis - Apakah kamu sudah mendengar Zeigarnic Effect sebelumnya?

Kenyataannya, hal ini ada pada sekitar kita namun sering tidak kita sadari atau kita sadar, tetapi tidak tahu istilah atau namanya apa.

Misalnya ketika kamu sedang melihat sinetron atau drama korea. Lalu pada saat ada di adegan yang tegang, drama itu malah terpotong dan ada tulisan to be continued, atau next episode. Nah inilah yang disebut sebagai “Zeigarnic Effect”

Dimana karena adanya effect ini, membuat para penonton penasaran dan membuatnya mereka menonton terus menerus.

Coba deh tanya sama yang suka maraton drama korea, berapa lama mereka maraton dan kenapa tidak dilanjut besok saja?

Pasti jawabannya karena “penasaran”

Anehnya, karena terpotong atau tidak selesai, malah membuat kamu semakin penasaran dan termotivasi untuk menyelesaikan suatu hal. Mau tidak mau juga, saat rasa penasaran muncul, kamu akan mengingat hal itu.

“Nanti adegan selanjutnya bagaimana ya?”

Waduh, nanti tokoh ini mati tidak ya?”

Hal ini tidak hanya diterapkan pada industri perfilman saja, melainkan pada industri periklanan. Misalnya adalah iklan produk es krim Walls.

Dimana pada produk Walls menyajikan poster yang hanya menampilkan gambar cup es krim yang kosong dan tulisan “We’re Sorry, there will be a global shortage of ice cream due to global warming” (“Mohon Maaf, akan terjadi kelangkaan es krim secara global, karena pemanasan global”)

Saat melihat iklan tersebut, pasti kita bingung dan penasaran. “Hah, masa makan es krim ngaruh ke global warming?” Karena efek penasaran dan rasa tidak puas akan makna sesuatu, hal ini akan membangun ingatan produk pada benak konsumen.

Asal Usul Zeigarnik Effect

Penelitian psikologi seputar Zeigarnik Effect ini dicetuskan oleh psikolog & psikiater Rusia yang bernama Bluma Zeigarnik yang terinspirasi dari sebuah restoran. Dimana pada saat itu Bluma Zeigarnik yang terkesan dengan pelayanan sebuah restoran yang dimana para pramusajinya dapat mengingat semua pesanan konsumen.

Namun setelah makanan itu tersaji pada konsumen, para pramusaji akan lupa dengan apa yang diorder oleh konsumen. Maka dari situlah Bluma Zeigarnik tertarik meneliti fenomena ini.

Simpulnya, dia beranggapan bahwa manusia lebih mudah mengingat dengan detail pada apa yang belum selesai.

Pada dewasa ini, Zeigarnik Effect ini adalah sebuah pengaruh alam bawah sadar yang bisa digunakan untuk solve suatu masalah yang dihadapkan kepada manusia.

Dalam dunia marketing, ketika seseorang disajikan sebuah iklan yang mengandung “misteri”, hal ini akan memancing emotional sense dan mendorong kita untuk mencari tahu apa maksud dari iklan tersebut.

Mau tidak mau kita akan memperhatikan poster atau video sebuah iklan lebih lama untuk mencari tahu apa yang dimaksudkan oleh pengiklan sampai selesai, sampai konsumen puas dengan makna dibalik iklan tersebut.

Dengan harapan, konsumen bisa meningkatkan ingatan merek & produk pada konsumennya.

Hal ini bisa dijadikan sebagai konsep jitu kamu dalam membuat iklan produk atau jasamu, yaitu dengan menggunakan Zeigarnic Effect!

Ternyata ada bentuk lain pada Zeigarnic Effect yaitu “cliffhanger strategy” atau yang sering disebut sebagai clickbait. Awalnya tujuan penggunaan ini adalah untuk menggugah rasa penasaran pada orang-orang, sekalipun berisiko memiliki bounce rate yang tinggi.

Namun pada masa kini, penggunaanya sudah tidak bertanggung jawab dan tidak beretika sama sekali. Orang-orang pun sudah memiliki underestimate pada judul yang cenderung dilebih-lebihkan.

Bagaimana dengan kamu? Kamu bisa menggunakan iklan yang eye catching sekalipun tidak menggunakan zeigarnic effect atau bahkan clickbait loh. Salah satunya dengan menggunakan desain yang menarik seperti Motion Graphic.

Sudah banyak brand besar seperti Gojek, Tokopedia yang menggunakan motion graphic karena selain menarik dan lebih mudah diingat oleh para konsumen, kalau di Tech Team kamu bisa memperoleh hal itu dengan murah dan mudah!

Penasaran? Yuk, konsultasi gratis terlebih dahulu dengan menghubungi ke https://wa.me/6281902274287 atau https://techteam.id/ yang melayani selama 24 jam dan langsung ditangani oleh ahlinya.

Atau Anda bisa dm langsung ke instagram kami di @techteam_indonesia

Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Klik Disini dan temukan berbagai tips menarik lainnya!

Tags:
cerita tech team, digital marketing techteam, jasa website jakarta, jasa website murah, PT. Tech Team Indonesia, techteam.id, web developer, website, website bisnis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

logo tech team indonesia
EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor