Rebuild Crisis Response Bisnis Kamu – Pada saat minggu kemarin, tepatnya pada hari Sabtu. Warga sosial media dikejutkan dengan langkah somasi yang dilakukan oleh satu brand dalam menyikapi kritikan pedas netizen.
Tindakan somasi ini akhirnya sangat disayangkan oleh semua pihak terutama pada masyarakat. Tidak sedikit juga banyak yang mengedukasi para konsumen untuk bertindak memberikan kritik secara baik, tidak dengan kata-kata kasar.
Cara menyampaikan kritik dengan elegan dan baik bisa kamu baca pada artikel ini Metode Sandwich, Cara Elegan Sampaikan Kritik
Dilansir dari Belajar Lagi pada akun twitternya yang memberikan masukan kepada seluruh pihak perusahaan untuk lebih berhati-hati pada tindakan yang dilakukan kepada konsumen sekalipun dalam keadaan krisis.
Belajar Lagi menyarankan untuk mencontoh brand Blue Bird yang dinilai cermat dalam menangani krisis internalnya, dimana blue bird sempat di demo habis habisan oleh driver dengan beberapa tuntutan dalamnya.
Blue bird menanggapinya merespon mereka dengan sebuah video kampanye “Reimagining Blue Bird” dengan tema yang diangkat adalah “Berbenah Untuk Berubah” yang diupload pada Youtube resmi miliki blue bird.
Tindakan ini dinilai lebih bijaksana, daripada mengambil respon secara hukum yang membungkam suara atau keluhan konsumen yang justru seharusnya didengar oleh produsen.
Apapun bentuk bisnisnya, sebuah perusahaan dan pelaku bisnis harus memiliki Rebuild Crisis Response. Apa itu? Yuk kita bahas!
Rebuild Crisis Response
Rebuild Crisis Response Strategies adalah pemberian kompensasi serta permintaan maaf terhadap pihak yang telah dirugikan, baik berupa korban atau konsumen kita. Strategi ini adalah langkah pemulihan reputasi yang tepat!
Dimana brand kamu bisa meminta maaf bila produk kamu kurang, tidak enak, atau tidak memuaskan para konsumen, lalu kamu bisa menjelaskan benefit atau kandungan dalam produknya.
Dengan adanya rebuild crisis response, bisnismu akan mendapatkan pandangan dan simpati yang baik dari konsumen bahkan non-konsumen, dari pada bersikukuh pada pendirian perusahaan dan produk.
Sehingga berita ini bisa menjadi pembelajaran bagi seluruh pelaku usaha untuk bisa memilih langkah yang bijak saat mengelola kritik atau tanggapan dari konsumen.
Konsumen memiliki hak untuk memberikan kritik dan advance untuk produk.
Sebelumnya mindset design thinking yang telah kita bahas di Tech Team, bahwa produk yang baik adalah produk yang berfokus pada apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
Bagi yang belum baca, cek dulu artikel Tech Team ini yuk, Ikuti Tips Ini Agar Berani Mulai Bisnis
Kabar baiknya, bila kamu ingin memiliki reputasi yang baik pada sosial media, kamu bisa memilih Tech Team Indonesia, untuk mengelola sosial media bisnis kamu. Kamu bisa memiliki look sosial media yang keren dan menarik pembeli.
Penasaran? Yuk, konsultasi gratis terlebih dahulu dengan menghubungi ke https://techteam.id/ yang melayani selama 24 jam dan langsung ditangani oleh ahlinya.
Atau Anda bisa dm langsung ke instagram kami di @techteam_indonesia