EN || ID

Ikuti Tips Ini Agar Berani Mulai Bisnis

Ikuti Tips Ini Agar Berani Mulai Bisnis

Ikuti Tips Ini Agar Berani Mulai Bisnis – Apa kamu pernah berpikiran untuk membuat perusahaan, bisnis atau startup sendiri? Siapa coba yang tidak mau memiliki usaha sendiri, pasti semua orang mau memiliki hal itu.

Atau kamu mau jadi karyawan saja? Ya.., itu semua kembali kepada pilihan kalian masing-masing yaa..

Namun, dalam memulai sebuah bisnis selalu tidak mudah, butuh keberanian, tekad dan keyakinan yang kuat. Mungkin diantara kalian ada yang takut dalam memulai suatu bisnis.

Ada beberapa alasan kenapa seseorang takut dalam memulai bisnis, yaitu:

  1. Ingin berada di zona nyaman, ini tidak salah kok. Semua kembali pada pilihan kalian ya
  2. Takut dengan ketidakpastian
  3. Tidak memiliki modal, namun kamu bisa menggunakan niat kamu. Ingat kata Pak Bob Sadino, niat dulu baru uang kemudian.
  4. Tidak ada dukungan dari keluarga
  5. Tidak memiliki ilmunya, sehingga bingung mulai dari mana, ya?

Kamu tidak perlu bingung untuk memulai sebuah bisnis, kamu bisa lihat di artikel Merancang Bisnis Efisien & Efektif di Era 4.0 atau simak artikel ini hingga selesai!

Untuk memulai sebuah bisnis, kamu bisa memulainya dengan design thinking

Apa itu design thinking? Yuk, kita bahas secara jelas dan ringkas!

5 Steps of Design Thinking

Inilah tips yang sering dilupakan orang-orang untuk memulai sebuah bisnis. Namun, kamu berada di tempat yang tepat untuk mengetahui apa itu design thinking.

Menurut Vice President of Technology Product Go-Jek, Alamanda Shantika Santoso, design thinking adalah metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dan disiplin ilmu untuk memperoleh sebuah solusi.

Sederhananya, design thinking adalah proses menciptakan ide-ide yang baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah. Hal ini tidak terbatas ada pada industri atau bidang keahlian tertentu.

Design thinking ini sangat berguna dalam kaitannya dengan teknologi, service dan produk.

Kehadirannya dapat menciptakan produk dan layanan baru bagi pelanggan, hingga dapat meningkatkan produktivitas dalam operasi internal.

Design Thinking ini juga berfokus kepada human centered design atau pada konsumen, tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan/profit tentunya.

Bila seseorang telah mencapai design thinking yang baik, maka dirinya sudah memperoleh good design dimana dirinya telah mempertemukan keinginan dan kemauan orang yang berangkat dari rasa empati atau empathy.

Nah, penasaran kan dengan langkah dalam design thinking? Yuk, kita bahas!

Empathize (Empati)

Proses pertama dalam menciptakan sebuah ide bisnis, seorang pengusaha perlu mengerti apa yang dibutuhkan oleh target market.

Dimana pengusaha akan menciptakan produk yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Tentunya pengusaha tersebut harus mengetahui tujuan dari bisnisnya sendiri.

Seorang pengusaha juga perlu mengetahui emosi, pengalaman dan situasi dari konsumen, agar mengetahui apa sih yang dibutuhkan oleh mereka?

Untuk mengetahuinya, pengusaha bisa melakukan wawancara, observasi kehidupan konsumen atau menempatkan dirinya seperti konsumen.

Define (Definisi)

Pengusaha harus pandai dalam menggambarkan sebuah ide atau pandangan konsumen yang akan dijadikan sasaran sebuah produk atau aplikasi kalian.

Tech Team Indonesia bisa membantu kamu dalam membuat aplikasi dan membuat list apa saja fitur yang dibutuhkan oleh konsumen.

Yuk, coba konsultasi gratis ke https://wa.me/6281902274287 atau https://techteam.id/ yang melayani selama 24 jam dan langsung ditangani oleh ahlinya.

Ideate

Pengusaha meng-ideate atau melakukan brainstroming dalam memperoleh ide-ide atau solusi terhadap masalah utama dari target market.

Dengan adanya kebutuhan yang diinginkan/diharapkan oleh konsumen, pengusaha bisa menggambarkan solusi yang dibutuhkan. Hal ini adalah proses penyatuan ide dan kreatifitas sang pengusaha.

Misalnya para pelanggan menginginkan untuk usaha kalian bisa terintegrasi dengan sosial media wa, ig, atau facebook. Nah kalian bisa menggunakan jasa kelola sosial media Tech Team Indonesia atau mengelolanya sendiri.

Prototype

Pengusaha bisa membuat aplikasi, website pada produk yang telah direncanakan atau mengimplementasikan ide yang telah dibuat.

Kamu bisa membuat website sendiri atau menggunakan jasa seperti yang Tech Team layani kepada beberapa perusahaan yang telah mempercayakan website atau aplikasinya kepada kami.

Jika penasaran, kamu bisa dm instagram kami di @techteam_indonesia

Test

Pada test ini kalian bisa mencoba aplikasi atau website atau media apa yang digunakan untuk memperkenalkan produk kamu. Dari pelanggan, kalian bisa jadikan saran, kritikan dan masukan sebagai bahan evaluasi bisnis kalian.

Nah gimana nih temen-temen sama 5 tips design thinking yang buat kalian nggak takut lagi dalam membuat bisnis?

Yuk, ikutin tips lainnya dengan klik laman ‘artikel’ pada laman ini!

Kategori :
Share:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Artikel Terbaru

Tone Of Voice, Sudah Tahu?

Tone Of Voice, Sudah Tahu? – Kamu pernah melihat tagline “jeruk kok makan jeruk?” dalam suatu produk minuman jeruk atau kamu sering melihat iklan Gojek

Read More »
EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor