5 Cara Optimasi Akun TikTok Agar Dapat Banyak Followers dan Viral

Apakah kamu suka menggunakan TikTok? Pastinya, sebagian besar pengguna media sosial di seluruh dunia pernah menggunakan TikTok. TikTok adalah platform media sosial yang menggunakan konten berbasis video pendek. 

Setiap pengguna bisa memposting video pendeknya di TikTok. Saat ini, platform TikTok sangat terkenal bagi generasi muda. Hal ini membuat banyak pelaku bisnis, selebriti, dan tokoh penting beralih menggunakan TikTok. 

Ditambah, algoritma konten pada TikTok membuat setiap pengguna TikTok bisa berkesempatan untuk viral. Kamu juga bisa membuat konten viral yang mengundang banyak followers di TikTok. Berikut beberapa cara optimasi akun TikTok agar dapat banyak followers dan viral.

  1. Memilih Niche

Sebagai konten kreator, kamu harus menyiapkan konsep untuk akun TikTok kamu. Pastinya, kamu tidak boleh sembarangan memposting konten tanpa melihat jangkauan atau target audiens. 

Ada beberapa niche yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan atau passion kamu, seperti sains, teknologi, seni, komedi, rumah tangga, kecantikan, kesehatan mental, kesehatan fisik, politik, dan sebagainya. 

Dengan memilih niche yang kamu inginkan, konten kamu akan terkonsep dengan rapi dan baik di TikTok. Ditambah, followers kamu akan lebih mudah mengenal kamu sebagai konten kreator sesuai niche yang kamu pilih. 

  1. Buat Konten Sesuai Tren dan Menarik

Bagian terpenting agar akun TikTok kamu viral dan mendapat banyak followers adalah optimasi konten. Konten yang menarik biasanya memiliki kualitas konten yang tinggi dan sesuai tren. 

Untuk mengetahui tren di TikTok, kamu bisa masuk ke menu search dan melihat hashtag yang populer saat ini. Tidak hanya itu, format konten juga perlu diperhatikan untuk menarik audiens kamu. 

Kamu bisa memperkenalkan tutorial, behind the scene, proses pembuatan produk, dan sebagainya. Perlu diketahui, kamu juga bisa maksimalkan konten kamu dengan fitur-fitur di TikTok. 

TikTok memiliki filter, efek suara, dan transisi. Kamu bisa menggunakan template yang telah disediakan itu untuk tingkatkan kualitas konten. Ditambah, kamu bisa memanfaatkan fitur, seperti duet, stitch, atau reach untuk berkolaborasi dengan kreator lain.

  1. Pakai Hashtag Video yang Sesuai

Hashtag memang jarang diperhatikan oleh kreator lain dalam membuat konten. Namun, penggunaan hashtag bagi akun TikTok yang terbilang baru sangat penting untuk engagement konten. 

Dengan penggunaan hashtag di TikTok, kamu bisa memperluas promosi kepada followers baru. Kamu bisa menambahkan hashtag yang sedang tren di TikTok dan hashtag yang relevan dengan konten kamu. Perlu diingat, jangan terlalu banyak menggunakan hashtag karena bisa memengaruhi performa akun TikTok kamu.

  1. Kolaborasi

Ada fitur TikTok bernama duet atau stitch untuk berkolaborasi dengan kreator lain. Cara ini bisa berguna untuk mendapatkan akses lebih banyak pada followers baru. 

Akses tersebut memungkinkan followers dari kreator yang kamu kolaborasikan akan penasaran dengan akun TikTok kamu. Tema-tema konten yang cocok untuk duet atau stich adalah bernyanyi, react terhadap konten tertentu, dan melakukan kegiatan konten bersama. 

  1. Posting di Waktu yang Tepat

Hampir sama dengan media sosial lain, TikTok memiliki waktu yang cocok dalam memposting konten. Kamu bisa memposting pada pukul 13.00 – 16.00 WIB atau prome time pukul 19.00 ke atas.

Itulah beberapa informasi seputar cara optimasi konten untuk dapatkan lebih banyak follower dan viral. Tentunya, kamu bisa mengoptimasi akun kamu dengan ikut trend atau challenge terkini di TikTok. Kamu bisa berkolaborasi dengan influencer lain yang sesuai dengan niche kamu. 
Referensi: store.sirclo.com | daya.id | jogjahost.co.id