Setiap konten yang telah diposting di Instagram berasal dari ide yang ada di dalam pikiran pemosting. Ditambah, banyak bisnis yang sukses karena konten viral di media sosial, khususnya Instagram. Konten viral biasanya dilihat dari kualitas konten, isi konten, brand yang mudah diingat konsumen, dan lain-lain. Lalu, apa saja ide konten untuk akun bisnis Instagram tahun 2023?
- Buat Instagram Guide
Tahun 2023, Instagram meluncurkan fitur baru bernama Instagram Guide. Fitur ini disediakan untuk pengguna yang ingin membagikan tips dan trik, rekomendasi, ataupun hasil kurasi apapun kepada followers.
Dalam fitur Guide, kamu bisa membagikan isi konten dan foto sampul yang dikemas layaknya artikel atau foto majalah untuk brand bisnis kamu. Bagi kamu yang membangun bisnis fashion di Instagram, fitur Guide sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan edukasi baju kepada followers. Jika bingung mencari ide untuk konten Guide, kamu bisa merancang ulang konten yang sudah kamu posting secara Feed ataupun Reels.
- Konten “Pertanyaan Pada Audiens”
Konten “Pertanyaan pada audiens” sudah ada beberapa tahun sebelumnya. Namun, kepopuleran jenis konten tersebut tidak lekang oleh waktu. Fungsi dari ide konten ini adalah membantu kamu dalam mengembangkan produk pada masa yang akan datang. Ditambah, pengguna Instagram yang kritis bisa menyelesaikan masalah produk yang kamu hadapi.
Contohnya, kamu adalah seorang pebisnis baju lelaki. Lalu, kamu ingin inovasi produk kamu yang cocok untuk Gen-Z. Kamu bisa membuat konten dengan mengajukan pertanyaan kepada followers, “Kira-kira kamu lebih suka menggunakan pakaian kemeja flanel atau polos ke kampus?”
- Konten Kuis dan Give Away
Apakah kamu menyukai konten kuis atau give away? Jenis konten ini memang sering diadakan bagi pelaku bisnis di berbagai negara. Sebagian besar konten kuis dikemas dalam bentuk kuis berhadiah.
Bagi kamu yang ingin membuat konten kuis atau give away, pastikan kamu menentukan hadiah atau produk yang ingin kamu berikan. Hadiah bisa bermacam-macam, seperti kupon diskon atau produk gratis.
Lalu, biasanya pelaku bisnis menetapkan syarat dan ketentuan. Syaratnya bisa berupa follow akun bisnis kamu, mengajak followers lain di dalam komentar, dan menjawab kuis yang telah kamu siapkan. Kamu juga bisa menetapkan ketentuan sesuai target pasar bisnis kamu, seperti follower harus berusia 18-25 tahun, followers harus menulis komentar tertentu, dan menggunakan hashtag tertentu.
- Konten Edukasi Berbentuk Carousel
Konten edukasi berbasis carousel masih eksis pada 2023. Pengguna bisa mengunggah banyak foto atau video dalam satu postingan. Bagi kamu yang membangun bisnis di Instagram, kamu bisa memanfaatkan fitur ini dalam membagikan konten edukasi.
Konten edukasi juga dibutuhkan bagi pelaku bisnis dalam menarik followers baru. Kamu bisa menentukan ide konten carousel, seperti quotes, meme, video, tutorial singkat, dan informasi do and dont’s.
- Behind The Scene dan Video Tutorial Singkat (Reels)
Baru-baru ini, behind the scene melalui Instagram Reels sedang tren. Alhasil, banyak pelaku bisnis yang mencoba ide konten tersebut. Dalam behind the scene, kamu bisa membagikan tutorial makeup menggunakan produk kamu, proses pembuatan makanan atau minuman, dan lain-lain.
Dalam video tutorial singkat (Reels), kamu bisa mempresentasikan produk terbaru kamu secara singkat. Ada beberapa hal yang bisa kamu buat dalam suatu video pendek di Instagram.
Itulah beberapa informasi seputar ide konten untuk akun bisnis Instagram kamu. Semoga ide konten ini dapat berguna bagi kamu dalam mengembangkan bisnis pada 2023.
Referensi: zyro.com | glints.com | store.sirclo.com