Dewasa ini, kebutuhan profesi digital semakin tinggi di mata perusahaan, khususnya perusahaan kecil maupun besar. Tidak heran kalau calon pekerja harus menguasai beberapa kemampuan digital, salah satunya adalah KOL Spesialis.
Seiring berjalannya waktu, permintaan KOL Spesialis semakin tinggi di mata perusahaan. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang menggunakan KOL Spesialis untuk mengoperasikan kegiatan pemasaran produk atau layanan secara digital.
Meskipun berlingkup terhadap pemasaran digital, ternyata KOL Spesialis ini memang sering dihubungkan ke dalam departemen pemasaran. Alasannya karena 74% konsumen di seluruh dunia menganggap KOL (key opinion leader) mampu memengaruhi keputusan pembelian sesuai riset Adweek.
Tidak heran kalau KOL Spesialis memiliki prospek tinggi bagi karir. Lalu, seperti apa profesi KOL Spesialis?
Definisi KOL Spesialis
Dilansir dari sevenads.id, KOL Spesialis adalah profesi yang bertanggung jawab dalam mengolaborasikan atau bekerja sama dengan influencer yang telah ditetapkan oleh tim dan influencer tersebut harus bekerja sesuai kontrak yang telah disepakati bersama.
KOL Spesialis biasanya berada dalam departemen pemasaran karena hal ini melibatkan banyak audience dan calon pelanggan. Perlu diketahui, KOL atau influencer adalah orang yang memiliki massa atau followers tinggi. Hal ini membuat mereka lebih banyak disukai atau didengar oleh masyarakat.
KOL Spesialis akan berkecimpung dengan para influencer yang sesuai dengan kebutuhan produk atau layanan perusahaan. Nantinya, para influencer akan ditugaskan untuk melaksanakan kegiatan pemasaran atau sosial tertentu yang mampu menarik audiens-nya.
Tanggung Jawab KOL Spesialis
Sebagai seorang KOL Spesialis, kamu perlu melaksanakan tugas yang mayoritas berkecimpung di dunia entertainment dan media sosial. Kamu juga akan bekerja sama dengan departemen pemasaran untuk mengeksekusi strategi pemasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Berikut beberapa tanggung jawab atau tugas dari KOL Spesialis yang dilansir dari blog.karir.com:
- Meriset dan Mengidentifikasi KOL
KOL Spesialis bertanggung jawab dalam melakukan riset demi mendapatkan KOL atau influencer yang cocok sesuai kebutuhan perusahaan. Beberapa indikator yang menunjukkan kecocokan biasanya disesuaikan dengan strategi pemasaran tim. Namun, pada umumnya, indikator tersebut yaitu tingkat kerelevanan KOL dengan merek, target pasar KOL, reputasi KOL, dan variasi konten oleh KOL.
- Memanajemen Jaringan KOL
Sebagai pihak eksternal, KOL Spesialis harus mampu menjaga komunikasi terhadap perusahaan lain, influencer, media, dan agensi pihak ketiga yang menaungi KOL tersebut. Tidak heran kalau KOL Spesialis memiliki relasi yang luas terhadap orang-orang terkenal.
- Melaksanakan Strategi Pemasaran
KOL Spesialis juga terlibat dalam perencanaan strategi pemasaran. Strategi tersebut dapat berupa pembuatan pilar konten untuk kampanye promosi, penyusunan basis data KOL, penyusunan template pesan KOL, pemeliharaan relasi KOL, brief periklanan untuk KOL, dan sebagainya.
- Negosiasi Win-Win Solution
Sebagai pihak dari perusahaan, KOL Spesialis harus mampu melakukan negosiasi terhadap influencer atau KOL. Negosiasi diharapkan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Selanjutnya, KOL Spesialis harus mampu menyusun perkiraan atau jangka waktu yang jelas terhadap kampanye promosi yang akan dilakukan oleh KOL.
- Memantau Kinerja KOL/Influencer
Setelah melakukan eksekusi kampanye promosi oleh KOL, seorang KOL Spesialis wajib menganalisis dan mengevaluasi kinerja KOL sesuai masa kontrak yang berlaku. Kamu juga perlu meminta laporan atau insight konten promosi yang dilakukan oleh KOL. Hal ini dilakukan sebagai langkah selanjutnya dalam melakukan strategi pemasaran.
Skill dan Kualifikasi KOL Spesialis
Setiap profesi pasti membutuhkan skill dan kualifikasi yang sesuai. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui skill dan kualifikasi dari KOL Spesialis. Perlu diketahui, setiap perusahaan menetapkan kualifikasi yang berbeda-beda. Pada umumnya, setiap perusahaan akan menetapkan kualifikasi dan skill untuk KOL Spesialis sebagai berikut.
- Soft Skills
KOL Spesialis yang melibatkan divisi atau departemen pemasaran harus memiliki pemikiran kritis dan kreatif. Mereka juga perlu memiliki literasi data yang tinggi dalam membaca pasar serta insight dari media sosial KOL.
Selain itu, KOL Spesialis harus memiliki kemampuan dalam negosiasi dan presentasi agar menunjukkan kesan baik terhadap pihak ketiga. Tidak hanya itu, problem solving akan selalu dibutuhkan bagi setiap profesi, tak terkecuali KOL Spesialis.
- Hard Skills
Hard Skills bagi KOL Spesialis melibatkan pengaturan media sosial dan manajemen pemasaran. Kamu akan menyusun kampanye promosi, melaksanakan kegiatan partnership, dan pengelolaan media sosial.
- Kualifikasi Pendidikan dan Kerja
Pada umumnya, KOL Spesialis tidak harus mendapat gelar pendidikan tertentu. Banyak perusahaan yang mengutamakan pengalaman kerja dan relasi yang luas untuk seorang KOL Spesialis. Untuk mendapatkan pengalaman tersebut, kamu bisa melibatkan pada posisi relawan, seperti humas, public relation, content creator, dan pekerjaan lain yang melibatkan manajemen KOL.
Perlu diketahui, perusahaan juga akan menentukan program studi Ilmu Komunikasi, Marketing Communication, Manajemen, dan Pemasaran untuk menjadi KOL Spesialis.
Prospek Gaji KOL Spesialis
Prospek gaji seorang KOL Spesialis tidak melulu sama di setiap perusahaan. Namun, bagi seorang KOL Spesialis yang memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun akan mendapat bayaran di atas 5 juta rupiah. Apakah kamu ingin menjadi seorang KOL Spesialis?
Referensi: blog.karir.com | sevenads.id | glints.com