9 Tools Gratis yang bikin bisnis UMKM kamu makin melejit

Hai, Techteammers!

Kamu lagi ngembangin UMKM? 

Asana  

Tools yang pertama ada Asana. Asana adalah aplikasi manajemen proyek yang dapat membantu kita untuk mengelola tugas dan proyek di dalam suatu organisasi. Aplikasi ini cocok buat kamu yang membutuhkan aplikasi yang dapat membantu merencanakan, memantau dan mengelola projek yang akan kamu jalankan. Asana sendiri telah ada sejak tahun 2008 di San Fransisco oleh Dustin Moskovitz dan Justin Rosenstein. Di Asana sendiri terdapat fitur Timeline yang dapat kamu gunakan untuk memetakan rancangan proyek, lalu ada fitur Portofolio yang berfungsi untuk mengorganisasi semua proyek tim kamu, kemudian ada fitur Workload yang dapat dipakai untuk memberikan beban tugas yang bisa kamu sesuaikan. 

Google Analytics : 

Tools yang berikutnya adalah Google Analytics. Google Analytics adalah tools yang berfungsi untuk melihat trafic web atau pengunjung suatu web. Tools ini sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan tools yang dapat menunjukkan informasi penting terkait pengunjung websitemu. Tools ini sendiri telah ada sejak 14 November 2005. Lewat Google Analytics, kamu dapat melihat sumber dari traffic pengunjung websitemu. Lalu, kamu bisa mengatur tampilan laporan sesuai selera kamu. Di samping itu, kalau kamu ingin melihat apa saja yang disukai oleh pengunjung website kamu, kamu bisa pakai fitur Interest. 

Canva : 

Lalu ada aplikasi bernama Canva. Canva sendiri adalah platform desain dan publikasi yang cukup sederhana bila dibandingkan dengan aplikasi pembuat desain lainnya. Aplikasi ini cocok untuk membantu pembuatan konten yang menarik untuk bisnismu. Canva pertama kali didirikan pada 28 Juni 2012 di Sydney, Australia oleh Melanie Perkins, Cameron Adams, dan Cliff Obrecht. Lewat Canva, kamu bisa membuat poster, logo, foto yang dapat diubah sesuai selera dan keinginan. Membuatnya pun tidak sulit karena sudah tersedia berbagai macam template dan bentuk yang beragam yang dapat mendukung bisnis kamu.

Capcut :

Selanjutnya ada Capcut nih. Capcut sendiri adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit video lalui ponsel Android kamu. Capcut sendiri dikembangkan oleh ByteDance pada 10 April 2020. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang ingin mengedit video tanpa membutuhkan perangkat yang besar untuk menunjang kualitas konten bisnis kamu. Fitur yang bisa kamu berdayakan ada banyak, seperti Edit, Audio, Text, Effect, Filters, dsb.

Mailchimp :

Mau melakukan marketing lewat email secara profesional, tapi tak tahu bagaimana caranya? Ada Mailchimp yang siap membantu kamu. Mailchimp sendiri adalah platform layanan jasa email marketing. Platform ini pertama kali berdiri dI Atlanta, Amerika Serikat sejak 2001. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang butuh plaftorm yang dapat membantu mempermudah memperoleh pelanggan kamu melalui jalur email. Melalui platform ini, kamu bisa menggunakan platform secara gratis, merancang campaign tanpa membutuhkan keahlian koding yang tinggi, tidak perlu merogok kocek yang dalam, dan tidak perlu pusing memikirkan bagaimana mengatur email marketing.

Copy.ai

Kalau kamu butuh platform yang bisa membantu kamu menulis konten copywriting dengan cepat, kamu bisa memakai platform Copy.ai. Ya, Copy.ai adalah platform pembuatan copywriting via AI. Tersedia berbagai macam bentuk copywriting yang bisa kamu sesuaikan dengan bisnis kamu. Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkan platform ini untuk menulis konten pemasaran dengan cepat serta membantu mencarikan referensi headlie, caption dan deskripsi lainnya

Unsplash 

Mau menambahkan foto pada konten kamu tapi takut kena pelanggaran hak cipta? Jangan khawatir, karena ada platform yang menawarkan foto yang jika kamu pakai, kamu aman dari pelanggaran hak cipta. Namanya Unsplash. Ya, Unsplash adalah platform penyediaan foto gratis yang bebas dari hak cipta. Unsplash pertama kali berdiri sejak 2013 dan didirikan oleh Mikael Cho, Luke Chesser, Stephanie Liverani, dan Angus Woodman. Kamu bebas mengundur foto lewat Unsplash tanpa harus khawatir soal hak cipta.

Milkshake 

Mau punya website pribadi secara instan? Kamu bisa pakai Milkshake. Milkshake adalah  Pembuatan website builder gratis. Kamu bisa memakai berbagai macam template yang telah disediakan.

Keyword Everywhere 

Merasa stuck untuk mencari ide konten? Jangan khawatir karena ada Keyword Everywhere yang akan membantu kami untuk mencari ratusan ide konten untuk konten bisnis kamu.