Cobain Tips 4U Bagi Copywriting Pemula!

Cobain Tips 4U Bagi Copywriting Pemula!

Kategori :

Uncategorized @id

Cobain Tips 4U Bagi Copywriting Pemula!

Kategori :

Uncategorized @id

Cobain Tips 4U Bagi Copywriting Pemula! - Pada saat membuat copywriting pada sebuah produk atau tulisan, terdapat kesulitan bagi seorang copywriter yang **bukan hanya terjadi writing’s block, melainkan sulitnya memilih headline yang menarik, tidak click-bait dan singkat.

Memiliki headline yang menarik perhatian audiens atau konsumen adalah impian bagi seluruh copywriter. Lalu bagaimana caranya menentukan headline yang menarik bagi konsumen dan membaca tulisan kita?

Tips ini bisa dilakukan oleh copywriter atau kamu para pengusaha yang melakukan promosi lewat tulisan atau kata-kata secara mandiri.

Kalian bisa menggunakan rumusan 4U. Penasaran? Yuk kita coba bahas secara singkat dan contohnya beberapa dan kamu bisa ikuti cara ini.

4U Tips Jitu Menentukan Headline Menarik

Sebelum mengetahui tips jitu ini, kita perlu mengetahui pengertian headline. Headline adalah judul yang mewakili suatu tema atau ide gagasan pada sebuah tulisan, entah berupa artikel, koran, kolom opini, majalah atau konten.

Headline ini digunakan sebagai penarik minat audiens untuk membaca sehingga dapat memancing rasa ingin tahu dan perhatian para pembaca.

Penting sekali bahwa headline berfungsi dengan maksimal, sehingga pertimbangkan:

  1. Target pasar tulisan kamu. tentukan dahulu siapa kalangan yang akan membaca tulisan kamu
  2. Menggambarkan atau mewakili isi atau ide gagasan pada tulisan
  3. Menulis dengan kata yang menarik, seperti Yuk menjadi Kuy
  4. Bisa menggunakan gambar untuk menarik perhatian dan menggambarkan isi artikel, bukan hanya sebagai penghias tulisan saja
  5. Tidak click-bait dan melebih-lebihkan judul dengan kata-kata yang seksisme, melecehkan atau mengandung SARA
  6. Hilangkan cara teknik headline seperti Line Today, seperti “No. 3 bikin kamu kaget”, dan beralihlah pada tips jitu headline 4U!

4U Formula adalah formula penulisan headline yang dikemukakan oleh Michael Masterson seorang master copywriting yang terdiri dari useful, unique, ultra-specific, urgent atau bila diterjemahkan pada bahasa Indonesia menjadi berguna, unik, sangat spesifik, dan mendesak.

Usefull

Pada bagian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tulisan yang ditulis dapat membantu pembaca karena didalamnya terdapat solusi dan informasi, memberikan solusi dan menunjukan betapa pentingnya bila membaca tulisan kamu, seakan-akan “kalau kamu baca artikel ini, kamu bisa dapetin tips rahasia loh!”

Sehingga mereka menjadi ingin lebih banyak tahu dan mereka akan terus membaca hingga rasa penasaran mereka terpenuhi. Contohnya kamu bisa menggunakan kata how to, tips and trick dan checklist lumayan banyak pembaca yang akan tertarik!

Contoh “Ikuti Tips Ini Agar Berani Mulai Bisnis”

Unique

Pada bagian ini, penulis ditantang untuk membuat headline dengan unik, bagaimana headline saya bisa mengejutkan banyak orang? Karena memang isi atau topik tulisan kalian berisikan fakta yang menarik dan informasi khusus. Hingga buat orang penasaran.

Namun perlu hati-hati jangan berlebihan memakai kata-kata yang mengejutkan, karena akan dikira seperti hoax atau click-bait. Gunakan kata-kata secara bersahaja.

Contoh Rahasia Bisnis Ala Kak Jill Shine atau Dibalik Brand Mixue Viral di Kalangan Gen-Z

Ultra-Specific

Pada headline ini adalah bagaimana caranya judul bisa memberikan detail atau gambaran yang sangat spesifik kepada pembaca. Headline pada ultra-specific bisa mengandung angka, menawarkan harga spesial, dan lain-lain.

Tujuannya pada headline ini adalah mengantarkan konten kamu kepada audiens tertentu dan tertuju, sehingga sasarannya tepat. Contohnya “Manajemen Waktu buat Anak Kuliah Banyak Proker”

Urgent

Pada bagian urgent adalah bagaimana penulis membuat headline menggerakan pembaca untuk membeli atau bertindak. Seperti memuat kata-kata yang bersifat mendesak, supaya audiens bisa bertindak secepatnya membuat keputusan dan bertindak.

Contohnya bisa menggunakan harus, wajib, stop, jangan. Agar audiens penasaran, merasa terdesak atau takut kalau ketinggalan informasi.

Nah, inilah 4 cara yang digunakan para copywriter dalam membuat headline. Mau tahu lebih banyak soal copywriting? Kamu bisa kunjungi 99 Kesalahan Umum dalam Copywriting dan Tips #1 Biar Customer Mikir Bisnis Kita Laris!

Tech Team bisa loh bikin copywriting yang powerfull untuk bantu bisnis kamu!

Penasaran? Yuk, konsultasi gratis terlebih dahulu dengan menghubungi ke https://wa.me/6281902274287 atau https://techteam.id/ yang melayani selama 24 jam dan langsung ditangani oleh ahlinya.

Atau Anda bisa dm langsung ke instagram kami di @techteam_indonesia

Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Klik Disini dan temukan berbagai tips menarik lainnya!

Tags:
artikel tech team indonesia, cerita tech team, digital marketing techteam, jasa website jakarta, jasa website murah, PT. Tech Team Indonesia, techteam.id, web developer, website, website bisnis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

logo tech team indonesia
EN || ID

Login or Register

Digital Supplychain Executive

ICO’s

87,5

Rate

4,8

Feugiat vivamus at augue eget arcu. Auctor augue mauris augue neque. Et magnis dis parturient montes nascetur ridiculus mus. Vitae et leo duis ut diam quam nulla porttitor